Jokowi Pastikan Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung Tak Pakai Uang Negara

Jokowi Pastikan Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung Tak Pakai Uang Negara
Joko Widodo. Foto: Dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Rencana pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung dianggap sejumlah pihak sebagai pemborosan. Pasalnya, kedua kota besar itu sudah dihubungkan dengan sarana transportasi yang sangat memadai.

Namun Presiden Joko Widodo tegas membantah anggapan tersebut. Menurutnya, uang negara sama sekali tidak digunakan dalam proyek bernilai puluhan triliun itu.

"Gini ya, kereta cepat itu tidak memakan uang APBN, itu dari investasi," kata Jokowi kepada wartawan usai blusukan di wilayah Jakarta Pusat, Sabtu (29/8).

Karenanya, tudingan bahwa proyek tersebut adalah pemborosan jelas salah alamat. Jokowi sendiri setuju uang negara lebih baik digunakan untuk pembangunan sarana transportasi di luar Pulau Jawa.

"Kalau itu uang APBN, 60-70 triliun ya saya pakai aja bikin kereta api di Papua, Sulawesi, dan Kalimantan. Tapi ini dari investor, ya silahkan saja asalkan tidak menganggu anggaran APBN,"

Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung memang rencananya bakal digarap oleh investor asing. Tiongkok dan Jepang sudah menyatakan ketertarikan dengan memasukan proposal yang disertai feasibility studies kepada pemerintah.

Namun sampai sekarang proporsal dari kedua pihak itu belum diterima Jokowi. Karenanya, Jokowi masih enggan berbicara lebih jauh mengenai proyek tersebut.

"Wong masuk ke saya belum, bagaimana saya komentarnya," pungkas mantan wali kota Surakarta ini. (dil/jpnn)


JAKARTA - Rencana pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung dianggap sejumlah pihak sebagai pemborosan. Pasalnya, kedua kota besar itu sudah dihubungkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News