MPR Ingin Perkuat Nasionalisme di Lingkungan Sekolah

MPR Ingin Perkuat Nasionalisme di Lingkungan Sekolah
FOTO: DOK.IST

jpnn.com - JAKARTA – Kehadiran  guru sangat penting untuk menguatkan semangat nasionalisme di lingkungan sekolah. Karena itu, guru harus mengajarkan nilai-nilai dasar tentang konstitusi, ideologi, dan falsafah bangsa.

Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Ahmad Zainuddin, di Jakarta, Senin (31/8), mengatakan empat pilar dasar kebangsaan harus diajarkan secara komprehensif kepada setiap warga negara sejak dini. Keempat pilar itu adalah Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945), Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

Menurut Ahmad Zainuddin, pihaknya terus melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada seluruh komponen bangsa. Salah satunya adalah Sosialisasi dihadapan sekitar 100 guru di Cirebon, Jawa Barat, Minggu (30/8).

Wakil Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) MRP RI ini, mengingatkan, NKRI harus dijaga bersama oleh seluruh komponen anak bangsa. Bangsa yang besar ini, lanjut dia, tidak pernah sepi dari ancaman yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kita harus mencurahkan tenaga untuk mencegah setiap upaya munculnya separatisme. Guru harus menjadi perekat,” katanya.(fri/jpnn)


JAKARTA – Kehadiran  guru sangat penting untuk menguatkan semangat nasionalisme di lingkungan sekolah. Karena itu, guru harus mengajarkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News