Selain Bayar Tol, Kartu e-Toll Bisa Digunakan untuk Beragam Transaksi

Selain Bayar Tol, Kartu e-Toll Bisa Digunakan untuk Beragam Transaksi
ATM BANK Himbara, hasil sinergi perbankan BUMN yakni Bank Mandiri, BNI, BTN dan BRI. FOTO Yessy Artada/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno telah meresmikan pembayaran e-Toll nasional dengan menggunakan uang non tunai atau e-money. Di mana uang non tunai tersebut merupakan hasil sinergi dari empat perusahaan bank BUMN.

Empat bank tersebut yakni Mandiri, BRI, BTN dan BNI atau yang biasa disebut Bank-Bank Milik Negara (Himbara). Ternyata selain membayar tol yang dioperasikan Jasa Marga, kartu tersebut bisa dimanfaatkan untuk melakukan transaksi lainnya.

Salah satunya pembayaran tiket Mass Rapit Transit (MRT) Jakarta dan KRL Commuter Line Jabodetabek. "Manfaatnya banyak, makanya disebut kartu sakti, karena selain untuk tol, kartu ini juga bisa dipakai untuk MRT dan kereta juga," ujar Rini di Jakarta, Senin (31/8).

Tak sampai di situ, layanan transaksi non tunai e-money Himbara tersebut juga bisa digunakan untuk berbelanja. "Pokonya kami perluas fungsinya, jadi nanti bisa untuk bayar macem-macem," jelasnya.

Dengan adanya kartu sakti tersebut, mantan menteri perindustrian ini yakin bisa menambah kenyamanan masyarakat karena lebih simpel. Selain itu, langkah tersebut bisa meningkatkan dalam menggunakan transaksi non cash. Karena selama ini banyak masyarakat yang masih menggunakan transaksi tunai.

"Program Himbara terus kami dorong, agar transaksi non cash ini bisa lebih ditingkatkan. Kami yakin bisa mengembangkan perekonomian secara menyeluruh dari sinergi BUMN ini," kata mantan bos PT Astra ini. (chi/jpnn)


JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno telah meresmikan pembayaran e-Toll nasional dengan menggunakan uang non tunai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News