Tuntutan Kenaikan Gaji Buruh Memperburuk Situasi

Tuntutan Kenaikan Gaji Buruh Memperburuk Situasi
Buruh menggelar aksi unjuk rasa. Foto: Jawa Pos/dok.JPNN

jpnn.com - BANDUNG - Massa buruh akan menggelar aksi unjuk rasa di Jakarta dan di sejumlah daerah hari ini (1/9). Di Bandung, sekitar 30 ribu buruh dikabarkan akan turun ke jalan.

Menyikapi itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar berharap agar aksi buruh tidak anarkis.

"Aksi para buruh itu hal yang wajar. Tapi harus tertib, harus kondusif," kata Deddy di Gedung Sate, Bandung, Senin (31/8).

Deddy pun meminta buruh tidak melakukan sweeping ke setiap pabrik. Pasalnya, hal ini hanya akan merugikan pengusaha dan buruh itu sendiri, terlebih di tengah-tengah kondisi krisis ekonomi saat ini.

Lebih lanjut Deddy mengatakan katakan, saat ini kondisi perekonomian cukup sulit sehingga ancaman PHK besar kemungkinan terjadi.

"Ini tidak lepas dari krisis ekonomi yang terjadi saat ini. Nilai tukar rupiah terhadap dolar semakin melemah," katanya seraya menyebut persoalan ini sudah menjadi isu nasional.

Deddy menilai, tuntutan kenaikan gaji buruh akan memperburuk situasi. "Dengan gaji sekarang pun banyak yang di-PHK. Apalagi kalau gaji naik, akan makin banyak yang di-PHK," paparnya. (agp/sam/jpnn)

 


BANDUNG - Massa buruh akan menggelar aksi unjuk rasa di Jakarta dan di sejumlah daerah hari ini (1/9). Di Bandung, sekitar 30 ribu buruh dikabarkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News