Pemerintah Canberra Live Streaming Sidang Kabinetnya di Media Sosial

Pemerintah Canberra Live Streaming Sidang Kabinetnya di Media Sosial
Pemerintah Canberra Live Streaming Sidang Kabinetnya di Media Sosial

Pemerintah negara bagian ibukota Australia (ACT) di Canberra mulai menyiarkan secara langsung jalannya sidang kabinet melalui jejaring media sosial bernama Periscope, hari Senin (31/8/2015) malam.

Dari pantauan akun Periscope pemerintah ACT saat sidang kabinet disiarkan live, setidaknya ada 515 akun Periscope yang menyaksikannya.

Sebenarnya, sejak tahun 2011, pemerintah ACT telah menggunakan akun Twitter dalam melibatkan partisipasi warga Canberra dengan setiap menteri, dengan menggunakan hashtag #CBRCabinet.

Namun Menteri Utama ACT Andrew Barr kemarin menyatakan, penggunaan media sosial yang menyediakan fasilitas live streaming, Periscope, bisa dikatakan merupakan yang pertama di dunia.

Menurut dia, dengan menyiarkan langsung jalannya sidang kabinet, rakyat bisa mendapatkan persepektif "di belakang layar".

Menurut Manajer Partnerships Twitter Australia, Flip Prior, penggunaan Periscope merupakan "contoh brilian dari pemerintahan terbuka".

"Pemerintah ACT merupakan yang pertama di dunia," kata Flip Prior.

"Hal ini menggambarkan cepatnya mereka mengadopsi teknologi baru, serta keinginan mereka untuk melibatkan pemilih dalam menjawab pertanyaan mereka secara langsung," katanya.

Pemerintah negara bagian ibukota Australia (ACT) di Canberra mulai menyiarkan secara langsung jalannya sidang kabinet melalui jejaring media sosial

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News