Dokter Asal California Ini Disidang Lantaran Resep Obatnya

Dokter Asal California Ini Disidang Lantaran Resep Obatnya
Dr Lisa Tseng. Foto: AP Photo/Nick Ut

jpnn.com - AMERIKA SERIKAT - Seorang dokter di California, Amerika Serikat harus menjalani sidang terkait obat-obatan yang ia berikan kepada pasiennya. Sejumlah pasiennya tewas usai mengonsumsi obat yang ditulis dokter Hsiu-Ying Tseng.

Dilansir dari Associated Press, dalam sidang yang berlangsung pada Senin waktu setempat itu terungkap bahwa meski sejumlah pasien telah tewas karena overdosis, Tseng masih memberikan resep obat penghilang rasa sakit yang kuat.

Ia menerbitkan resep tersebut dalam konsultasi medis yang berlangsung kurang dari tiga menit. Hal tersebut ia lakukan tanpa melalu pemeriksaan fisik dan peringatan bahwa obat itu dapat menimbulkan kecanduan.

Seorang pembela dokter Tseng mengatakan bahwa para korban melakukan bunuh diri. Sementara yang lain menggunakan obat itu untuk pesta. Semuanya menggunakan obat itu melewati dosis yang diberikan.

Pengacara dokter itu menggambarkan Tseng sebagai seorang dokter yang polos dengan hati yang lembut dan tidak pernah berpikir pasiennya akan menyalahgunakan resep obat yang ia berikan.

Sejumlah pernyataan yang berbeda muncul dalam persidangan dokter 45 tahun itu. Perkara terkait resep dokter merupakan hal yang langka di Amerika. Tseng terancam hukuman seumur hidup jika ia terbukti bersalah.

Jaksa penuntut John Niederman mengungkapkan seorang ahli koroner telah mengingatkan Tseng bahwa seorang pasiennya meninggal karena overdosis pada September 2007. Pasien tersebut meninggal dua hari setelah Tseng memberikan resep oxycodone, Xanax, dan Soma.

Pasien selanjutnya meninggal enam bulan setelah itu. Para juri pengadilan ditunjukkan gambar tubuh korban yang tergeletak di tempat tidurnya. Sementara itu satu pasien lain mengalami overdosis di kliik Tseng.(ray/jpnn)

AMERIKA SERIKAT - Seorang dokter di California, Amerika Serikat harus menjalani sidang terkait obat-obatan yang ia berikan kepada pasiennya.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News