2 Makna Penting di Balik Pelantikan Teten

2 Makna Penting di Balik Pelantikan Teten
Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan berjabat tangan dengan Kepala Staf Presiden Teten Masduki usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Selasa (2/9). Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com - Teten Masduki resmi menjabat sebagai kepala Staf Kepresidenan. Itu ditandai dengan pelantikan yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (2/9).

Pelantikan Teten disambut positif Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Raja Juli Antoni. Menurutnya, pelantikan Teten memiliki dua makna penting secara politik.

Pertama, memperlihatkan independensi politik Jokowi sebagai presiden yang banyak diragukan orang selama ini. Sebab menjelang pelantikan, beredar nama-nama di sekiling Jokowi yang menunjukkan adanya tarik-menarik kepentingan elit partai politik.

"Namun akhirnya Jokowi memilih Kang Teten yang bisa disebut sebagai orang Jokowi sendiri," katanya.

Kedua, pelantikan Teten menunjukan semakin banyak orang baik di sekeliling Jokowi. Kata Raja, dengan kompleksitas masalah kebangsaan dan kenegaraan yang dihadapi seorang presiden, masukan dari orang di sekiling presiden menentukan orientasi kebijakan publik.

"Kang Teten adalah orang yang punya rekam sejarah panjang yang baik. Komitmennya untuk pemberantasan korupsi, misalkan, tidak perlu diragukan lagi," ucapnya. (jpnn)

 


JPNN.com - Teten Masduki resmi menjabat sebagai kepala Staf Kepresidenan. Itu ditandai dengan pelantikan yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News