Kembangkan Masyarakat Desa Agar Kreatif

Kembangkan Masyarakat Desa Agar Kreatif
Kembangkan Masyarakat Desa Agar Kreatif

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar mengatakan, salah satu konsep yang dijalankan memperkuat akselerasi pemberdayaan masyarakat desa dengan mengembangkan komunitas-komunitas masyarakat di pedesaan.

Langkah ini dilakukan karena diyakini komunitas memiliki daya ungkit lebih kuat dibanding hanya memberi pelatihan kepada aparat desa.

"Keberadaan komunitas-komunitas masyarakat desa ini sangat penting. Banyak ide dan gagasan kreatif akan muncul melalui komunitas desa. Kemudian pelaksanaan ide juga akan memberi pengaruh yang jauh lebih gebyar dibanding menjalankan program sendiri-sendiri. Dalam komunitas desa ada unsur gotong royong dan kebersamaan yang kuat," ujar Marwan, Rabu (2/9).

Bentuk komunitas masyarakat desa-pedesaan lanjut Marwan, bisa bermacam-macam sesuai kebutuhan. Misalnya membangun komunitas kreatif anyaman bambu, komunitas pengrajin kaju, batik, komunitas bengkel kreatif tukang becak dan tukang ojek, termasuk komunitas kesenian masyarakat yang harus dikembangkan dan dilestarikan.

"Dengan adanya komunitas, maka banyak ide-ide kreatif bermunculan. Sehingga desa akan berkembang dan terus berkembang," ujarnya. (gir/jpnn)

JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar mengatakan, salah satu konsep yang dijalankan memperkuat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News