Satu Gelas Per Hari bisa Meningkatkan Risiko Kanker...

Satu Gelas Per Hari bisa Meningkatkan Risiko Kanker...
Ilustrasi.

jpnn.com - SEBUAH studi baru-baru ini mengungkap, satu gelas wine atau alkohol per hari bisa meningkatkan risiko kanker tertentu. Studi ini melibatkan 136.000 orang dewasa.

"Penelitian kami memperkuat pedoman untuk tidak melampaui satu minuman per hari untuk wanita dan dua gelas per hari untuk pria," kata pemimpin penelitian, Yin Cao, seperti dilansir laman Health, awal pekan ini.

Dalam kasus ini, yag dimaksud minum adalah yang moderat. Sementara ukuran minum ringan, didefinisikan hanya satu gelas sehari untuk wanita dan dua minuman harian untuk laki-laki. Risikonya pada wanita bisa berupa kanker payudara atau beberapa kanker lainnya pada pria perokok. 

Menentukan berapa banyak alkohol/wine yang harus Anda konsumsi harus mempertimbangkan riwayat merokok, riwayat kanker dalam keluarga yang berhubungan dengan alkohol dan risiko penyakit jantung. 

Selain kanker payudara, kanker yang berhubungan dengan alkohol termasuk kanker usus besar, kanker hati, tenggorokan dan kanker kerongkongan.

"Pria yang pernah merokok harus membatasi asupan alkohol di bawah batas yang direkomendasikan. Merokok dan konsumsi alkohol berat harus dihindari untuk mencegah kanker," kata Cao.

Dan untuk para wanita, mereka harus mempertimbangkan peningkatan risiko sederhana kanker yang berhubungan dengan alkohol, terutama kanker payudara.

Seorang ahli di Toronto, Jurgen Rehm juga mengaku tidak terkejut dengan hasil penelitian tersebut.

SEBUAH studi baru-baru ini mengungkap, satu gelas wine atau alkohol per hari bisa meningkatkan risiko kanker tertentu. Studi ini melibatkan 136.000

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News