Tiga Institusi Jalin Kerja Sama

Tiga Institusi Jalin Kerja Sama
Tiga Institusi Jalin Kerja Sama

jpnn.com - JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) menandatangani nota kesepakatan kerjasama atau memorandum of understanding (MoU) dengan PT Perusahaan Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) dan PT Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry, di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (3/9).

Kerja sama ketiga institusi ini terkait pemanfaatan gas bumi bagi armada transportasi laut. Kerja sama tersebut merupakan tindak lanjut dari kerja sama sebelumnya yang sudah dilakukan PGN dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Perhubungan.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menjelaskan, kerja sama ketiga perusahaan ini telah melakukan studi persiapan pengembangan infrastruktur dan teknologi terkait penggunaan bahan bakar gas bumi bagi kapal laut.

“Dengan adanya kerja sama ini nantinya kapal-kapal milik Pelni, ASDP maupun kapal perintis Ditjen Hubla akan mengkonversi pemakaian BBM ke gas bumi yang berupa gas bumi cair atau LNG,” ujar Rini saat menyaksikan penandatangan kerjasama tersebut.

Menurut Rini, kerja sama tersebut juga untuk mendukung program pemerintah tentang konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG). Hal itu, kata Rini, sejalan dengan keinginan Presiden Joko Widodo untuk mendorong pembangunan di bidang kemaritiman.

“Pengguna bahan bakar gas yang lebih efisien dan ramah lingkungan akan membuat ongkos transportasi laut di Indonesia lebih efisien dan bersaing. Sinergi BUMN ini harus terus didorong,” ujar mantan Menteri Perindustrian ini.(chi/jpnn)


JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) menandatangani nota kesepakatan kerjasama atau memorandum of understanding (MoU) dengan PT Perusahaan Pelayaran


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News