Benarkah Orang Pintar Hidup Lebih Lama? Check it Out

Benarkah Orang Pintar Hidup Lebih Lama? Check it Out
Ilustrasi.

jpnn.com - ADA anggapan, orang pintar cenderung hidup lebih lama daripada mereka yang katakanlah kurang begitu pintar. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Sekitar 95 persen dari hubungan antara kecerdasan dan umur panjang disebabkan oleh pengaruh genetik. Dalam sebuah penelitian, di mana sebagian besar peserta mengambil tes kecerdasan saat usia pertengahan, bukan di masa muda mereka. Pada saat itu, hasil IQ mungkin dipengaruhi oleh penurunan kognitif penuaan.

"Kami menemukan ada hubungan kecil antara kecerdasan dan masa hidup hampir semua genetik," kata peneliti Rosalind Arden, seperti dilansir laman Fox News, Rabu (2/9).

Berikut beberapa penjelasan yang menghubungkan kepintaran dan usia seseorang. 

Otak dan Rentang Hidup

Studi besar dan kecil telah mengaitkan kecerdasan dengan kemungkinan hidup sampai usia tua. Sebagai contoh, sebuah studi dari orang yang lahir di Skotlandia yang diterbitkan pada tahun 2001 dalam British Medical Journal menemukan bahwa orang-orang yang mendapatkan hasil baik pada tes IQ pada usia 11 tahun memiliki kemungkinan yang besar untuk bertahan hidup setidaknya sampai usia 76 tahun. 

Pada tahun 2007, makalah di Journal of Economics Kesehatan menemukan bahwa pemenang Hadiah Nobel sedikit hidup lebih lama daripada sang runner-up. 

Para peneliti telah menemukan beberapa alasan yang bisa menjelaskan keuntungan memiliki umur panjang bagi orang yang pintar. Bisa jadi orang pintar membuat pilihan kesehatan yang lebih baik, mendapatkan pekerjaan yang lebih aman atau memiliki keunggulan keluarga, semua faktor yang terkait dengan hidup lebih lama. Atau mungkin orang cerdas memiliki gen yang lebih baik secara umum, gen yang meningkatkan kecerdasan dan rentang hidup.

ADA anggapan, orang pintar cenderung hidup lebih lama daripada mereka yang katakanlah kurang begitu pintar. Mengapa hal ini bisa terjadi? Sekitar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News