Lima Kapal Perang Tiongkok Bermanuver di Lepas Pantai AS

Lima Kapal Perang Tiongkok Bermanuver di Lepas Pantai AS
Lima Kapal Perang Tiongkok Bermanuver di Lepas Pantai AS

jpnn.com - WASHINGTON - Pentagon mengkonfirmasi kehadiran lima kapal angkatan laut Tiongkok di Laut Bering, antara Rusia dan Alaska, wilayah yang sedang dikunjungi Presiden Barack Obama, Rabu (3/9).

Kehadiran kapal perang Tiongkok tersebut diyakini pertama kalinya terlihat di daerah itu, sekaligus menjadi indikasi penguatan kehadiran global Tiongkok yang jauh diluar kawasannya.

"Kami menghormati hak setiap negara untuk mengendalikan kapal militer di perairan internasional sesuai hukum internasional. Kami tahu tentang lima kapal angkatan laut Tiongkok di Laut Bering," kata juru bicara Pentagon, Komandan Bill Urban, seperti dilansir Wall Street Journal yang dikutip kembali AFP, Rabu.

"Inilah kali pertama kami melihat kapal Angkatan Laut Tiongkok di Laut Bering," tambahnya.

Kapal perang tersebut berada di perairan internasional dekat Aleutians, daerah kepulauan antara daratan Alaska. Kelompok kapal tersebut mencakup tiga kapal perang, sebuah kapal tempur amfibi dan kapal perlengkapan.

Tiongkok menjadi pengamat tetap Dewan Arktik pada 2013 dan semakin menunjukkan minat terhadap cadangan energi di wilayah itu.

Anggota lain dewan itu adalah Kanada, Denmark, Finlandia, Islandia, Norwegia, Rusia, Swedia dan Amerika Serikat. Obama tengah berada di Alaska dalam perjalanan tiga hari ditengah isu dampak perubahan iklim yang berkembang. (AFP/ray/jpnn)


WASHINGTON - Pentagon mengkonfirmasi kehadiran lima kapal angkatan laut Tiongkok di Laut Bering, antara Rusia dan Alaska, wilayah yang sedang dikunjungi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News