Anggaran Lumpur Lapindo Naik 155 Persen

Nilainya Rp 1,147 Triliun

Anggaran Lumpur Lapindo Naik 155 Persen
Anggaran Lumpur Lapindo Naik 155 Persen
JAKARTA - Dana pajak rakyat akhirnya tersedot semakin besar untuk menangani semburan lumpur Lapindo Brantas. Pada tahun ini pemerintah mengalokasikan anggaran Rp 1,147 triliun di APBN 2009 untuk menangani semburan lumpur itu. Anggaran tersebut naik 155 persen dibanding anggaran tahun lalu senilai Rp 450,1 miliar.

Penegasan tersebut disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam keterangan tertulis pada Komisi XI DPR pada Jumat (6/2) lalu. Keterangan tertulis tersebut untuk menjawab pertanyaan salah satu anggota Komisi XI DPR dalam rapat kerja dengan pemerintah dan Bank Indonesia (BI) sehari sebelumnya.

"Anggaran lumpur Lapindo itu utamanya untuk pembangunan tanggul pengaman, pembuangan lumpur ke Kali Porong, pembangunan jalan arteri Porong, dan penanganan masalah sosial kemasyarakatan di luar peta area terdampak," terang Sri Mulyani dalam suratnya.

Dana itu juga akan dibelanjakan untuk membeli tanah sebagai jalur relokasi jalan tol dan jalan arteri, bantuan kontrak rumah, tunjangan hidup dan biaya evakuasi di tiga desa yang berada di luar peta area terdampak, yakni Besuki, Pejarakan, dan Kedungcangkring. "Selain itu, untuk bantuan kontrak rumah tunjangan hidup, biaya evakuasi dan relokasi pada sembilan RT di tiga desa, yakni Siring Barat, Jatirejo, dan Mindi," tambahnya.

JAKARTA - Dana pajak rakyat akhirnya tersedot semakin besar untuk menangani semburan lumpur Lapindo Brantas. Pada tahun ini pemerintah mengalokasikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News