Wapres Minta Belanda Atasi Hambatan Ekspor

Wapres Minta Belanda Atasi Hambatan Ekspor
Wapres Minta Belanda Atasi Hambatan Ekspor
DEN HAAG - Setelah mengunjungi Belgia, Wakil Presiden Jusuf Kalla melanjutkan kunjungannya ke Belanda. Sabtu, (7/2) Wapres bertemu Perdana Menteri Belanda Jan Peter Balkenende Catshuiss di Den Haag.

Kepada PM Belanda, Kalla meminta Negeri Kincir Angin itu mengatasi hambatan-hambatan ekspor barang dari Indonesia ke Eropa. Barang-barang Indonesia selama ini masuk pasar Eropa melalui Pelabuhan Rotterdam, yang merupakan pelabuhan terbesar di Eropa.

Kalla bertemu PM Belanda di Kantor Perdana Menteri selama satu jam. Ikut dalam pertemuan tersebut, Duta Besar RI untuk Belanda J.E. Habibie, Kepala BKPM M. Luthfi, dan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. ''Selama ini, banyak isu politik dan teknis yang menghambat ekspor kita. Karena itu tadi, saya minta PM Belanda mengambil langkah untuk menghilangkan hambatan-hambatan tersebut,'' katanya.

Menurut Kalla, jika hubungan ekonomi Eropa dan Asia baik, itu akan menguntungkan bagi kedua belah pihak. Sebaliknya, bila hambatan-hambatan tidak teratasi, justru Eropa yang banyak dirugikan. Sebab, saat ini Eropa merupakan kawasan kedua yang paling banyak terkena dampak krisis. "Saya juga tidak bisa menjamin kalau terjadi proteksi,'' katanya.

DEN HAAG - Setelah mengunjungi Belgia, Wakil Presiden Jusuf Kalla melanjutkan kunjungannya ke Belanda. Sabtu, (7/2) Wapres bertemu Perdana Menteri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News