Nilai Kebutuhan Hidup Layak Batam Bulan Ini Capai Rp2.810.785

Nilai Kebutuhan Hidup Layak Batam Bulan Ini Capai Rp2.810.785
Aksi unjuk rasa pekerja di Batam. Foto: Dok/JPNN.com

jpnn.com - BATAM - Wakil Ketua Umum Dewan Pengupahan Kota Batam mewakili akademisi, Lagat Siadari mengatakan nilai standar Kebutuhan Hidup Layak (KHL) bulan September ini adalah Rp 2.810.785 setelah melakukan survey di pasar-pasar utama di Batam.

"Nilai ini meningkat dari bulan sebelumnya (Agustus, red), yakni Rp2.757.728. Survei ini berdasarkan harga kebutuhan sehari-hari seorang pekerja," kata Lagat kemarin (3/9).

Lagat menjelaskan nilai KHL ini berdasarkan 60 item yang dibagi lagi kedalam tujuh komponen, seperti kebutuhan pangan, sandang, perumahan, pendidikan, kesehatan, transportasi, dan tabungan.

Survey ini dilakukan secara bersama-sama oleh serikat pekerja yakni Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPMI), Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI), dan Serikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI). 

Survey dilakukan di tiga pasar yang dianggap besar di Batam yakni Pasar Angkasa Bengkong, Pasar Botania Batamcentre, dan Pasar Aviari Batuaji ."Ikut juga perwakilan dari Kadin dan Apindo," imbuh Lagat.

Lagat kemudian menjelaskan nilai KHL bulan Oktober nantilah yang akan menjadi indikator dalam perumusan UMK."Bisa saja jumlahnya nanti dekat dengan KHL, atau malah jauh," kata Lagat lagi.

Nilai KHL bulan Oktober bisa turun atau naik tergantung fluktuasi kurs Rupiah terhadap dolar AS, inflasi, dan faktor pendukung lainnya.

Tahun ini paling lambat di akhir bulan November telah ditetapkan besaran nilai UMK 2016. "Mudah-mudahan terjadi kesepakatan antara serikat pekerja dan pengusaha agar bisa diserahkan ke walikota dan diberikan ke gubernur yang melakukan penetapan," pungkas Lagat.(leo)


BATAM - Wakil Ketua Umum Dewan Pengupahan Kota Batam mewakili akademisi, Lagat Siadari mengatakan nilai standar Kebutuhan Hidup Layak (KHL) bulan


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News