Begini Sepak Terjang Buwas, 8 Bulan Pimpin Bareskrim

Sikat Petinggi Lembaga Negara hingga Anak Buah Sendiri

Begini Sepak Terjang Buwas, 8 Bulan Pimpin Bareskrim
Budi Waseso. Foto-foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - KARIER moncer Komisaris Jenderal Budi Waseso sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri akhirnya selesai.

Jabatan prestisius di Korps Bhayangkara itu harus rela dilepas pria yang karib disapa Buwas tersebut. Alumnus Akademi Kepolisian 1984 itu akhirnya diganti Komjen Anang Iskandar yang selama ini menjabat Kepala BNN. Buwas harus bertukar posisi dengan Anang.

"Ya, tukar posisi dengan Pak Anang," ujar Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, Kamis (3/9) malam.

Begini Sepak Terjang Buwas, 8 Bulan Pimpin Bareskrim

Sepak terjang Buwas sejak dilantik sebagai Kabareskrim Polri 16 Januari 2015 memang kerap bikin heboh negeri ini.

Berdasarkan data yang dirangkum JPNN.com, gebrakan pertama Buwas adalah menangkap Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Bambang Widjojanto.

BW dijadikan tersangka dugaan memerintahkan sumpah palsu pada persidangan sengketa pilkada Kotawaringin Barat di Mahkamah Konstitusi 2010. BW pun nyaris ditahan. Loby pimpinan KPK akhirnya membuat BW bisa kembali menghirup udara bebas.

Tak hanya sampai disitu, Kompol (Purn) Novel Baswedan, juga sempat ditangkap Bareskrim Polri. Penyidik senior KPK itu ditangkap karena menyandang status tersangka penganiayaan pencuri sarang burung walet saat menjabat Kasat Reskrim Polres Bengkulu 2014.

KARIER moncer Komisaris Jenderal Budi Waseso sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri akhirnya selesai. Jabatan prestisius di Korps Bhayangkara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News