Miris Benar Nasib Pengungsi Ini, Satu Kamar Mandi untuk 55 KK

Miris Benar Nasib Pengungsi Ini, Satu Kamar Mandi untuk 55 KK
Miris Benar Nasib Pengungsi Ini, Satu Kamar Mandi untuk 55 KK

jpnn.com - MAJENANG - Perumahan relokasi bagi korban tanah longsor di Desa Ujungbarang Kecamatan Majenang, masih minim sarana sanitasi. Mulai dari kamar mandi, wc hingga air bersih. Saat ini, baru ada satu kamar mandi bagi 55 rumah. Keterbatasan ini membuat sebagian pengungsi mengeluhkan kondisi tersebut dalam agenda kunjungan kerja Bupati Cilacap ke perumahan relokasi di Desa Ujungbarang, Senin, (7/9).   

"Baru ada satu kamar mandi," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap, Tri Kumara, Senin (7/9) usai mendampingi kunjungan kerja Bupati Cilacap ke perumahan relokasi di Desa Ujungbarang. 

Untuk itu, BPBD bersama dinas terkait seperti Bina Marga SDA ESDM, Dinas Kesehatan, Bapermas PP PA dan KB, serta Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) sudah menggelar rapat koordinasi. BPBD juga mengajak Pertamina, Holcim, PLTU, Alfamart dan sejumlah perbankan dalam rapat tersebut. 

"Kita kemarin sudah rapat dengan dinas terkait dan swasta. Kita mengajak kerja sama dengan swasta untuk ikut membangun sarana sanitasi melalui program CSR (Corporate Social Responsibility-red)," ujarnya. 

Dia menjelaskan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap mengalami kesulitan untuk membangun sarana tersebut. Ini setelah adanya aturan mengenai dana hibah dimana penerima harus memiliki badan hukum. Padahal, bantuan ini akan diserahkan langsung bagi warga dan lokasi bantuan di lahan masyarakat. 

"Kita terganjal aturan hibah karena lahan ini nantinya jadi hak milik warga," katanya. 

Jika rencana ini terwujud, tempat tersebut akan dilengkapi dengan jamban komunal dan sarana sanitasi lainnya. Dengan demikian, warga tidak akan mengalami kesulitan dan kesehatan penghuni rumah relokasi tersebut tetap bisa terjaga. 

"Nantinya akan dibangun jamban komunal," ujarnya.

MAJENANG - Perumahan relokasi bagi korban tanah longsor di Desa Ujungbarang Kecamatan Majenang, masih minim sarana sanitasi. Mulai dari kamar mandi,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News