Astaga.. PDAM Kota Cirebon Rugi 40 M per Tahun

Astaga.. PDAM Kota Cirebon Rugi 40 M per Tahun
jpnn

jpnn.com - CIREBON – PDAM Kota Cirebon mengalami kerugian yang sangat besar setiap tahun. Tak tanggung-tanggung, perseroan itu menelan kerugian hingga puluhan miliar per tahun.

Hal itu terjadi karena tingkat kebocoran PDAM Kota Cirebon sangat tinggi. Yakni, mencapai 43 persen. Tingginya kebocoran tersebut disebut-sebut akibat debit air yang masuk dan keluar untuk pendistribusian tidak sesuai.

Hal tersebut disampaikan Ketua komisi B DPRD Kota Cirebon Didi Sunardi kepada Radar usai sidak ke SPAM PDAM Kota Cirebon, Selasa (8/9). Dia mengatakan, sebanyak 43 persen kebocoran tersebut merupakan temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Dia mengatakan, harga 1 kubik air Rp 3 ribu.

“Jika dikali 43 persen dikali 12 bulan, setiap tahun kita kehilangan uang Rp40 miliar akibat kebocoran. Kalau kebocoran itu secara teknis dapat diketahui dengan mudah, kecuali kebocoran secara administratif,” ujar Didi.

Menurutnya, jika kebocoran itu bisa diatasi, maka kebutuhan air untuk masyarakat Kota Cirebon dapat terpenuhi. Uang Rp40 miliar yang hilang, kata Didi, bisa dimanfaatkan untuk pengembangan PDAM dan memberikan pelayanan kepada para pelanggan, khususnya di Kota Cirebon. (radar cirebon)


CIREBON – PDAM Kota Cirebon mengalami kerugian yang sangat besar setiap tahun. Tak tanggung-tanggung, perseroan itu menelan kerugian hingga


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News