Urus Pemulangan Tulang Belulang Tentara Jepang, Dubes Temui Mendagri

Urus Pemulangan Tulang Belulang Tentara Jepang, Dubes Temui Mendagri
Urus Pemulangan Tulang Belulang Tentara Jepang, Dubes Temui Mendagri

jpnn.com - JAKARTA - Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yasuaki Tanizaki, menyambangi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Rabu (9/9). Dalam pertemuan dengan Mendagri Tjahjo Kumolo, terjalin beberapa pembicaraan. Salah satunya terkait rencana pemulangan tulang belulang tentara Jepang yang masih banyak di Indonesia.

"Saya Terkesan yang mulia (Mendagri, red) mengatakan proyek pemulangan tulang belulang tentara Jepang. Selama ini proyek pemulangan berjalan lancar," ujar Yasuaki seusai bertemu Mendagri.

Menurutnya, untuk mendukung rencana tersebut tim dari Jepang akan ‎datang ke Indonesia sekitar akhir September mendatang. Karena itu Yasuaki berharap dalam proses selanjutnya tetap dilakukan dengan bekerja sama dengan Kemendagri.

‎"Hubungan  Jepang-Indonesia secara umum berjalan lancar selama ini. Banyak politikus melakukan kunjungan. Maret lalu Perdana Menteri Shinjo Abe juga kunjungi Indonesia dan dapat kesempatan bertemu Presiden Jokowii dan bahas hubungan Indonesia-Jepang," ujarnya.

Menurut Yasuaki, Jepang memandang Indonesia merupakan negara paling penting di‎ kawasan Asia Tenggara. Bukan hanya berdasarkan potensi, namun lebih karena Indonesia dapat menjadi teladan bagi negara lain.

Sebagai negara berpenduduk mayoritas beragama Islam terbesar di dunia, Indonesia selama belasan tahun berhasil menjalankan sistem demokrasi.

"Saya melihat otonomi daerah ‎yang ditangani Kemdagri sangat penting sebagai dasar demokrasi di Indonesia. Saya mengharapkan ke depan pun tugas yang dijalankan Kemdagri tetap berjalan lancar," ujar Yasuaki. (gir/jpnn)

 


JAKARTA - Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yasuaki Tanizaki, menyambangi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Rabu (9/9). Dalam pertemuan dengan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News