Segmen Smartphone Kelas Menengah Dilahap, Samsung Tergeser

Segmen Smartphone Kelas Menengah Dilahap, Samsung Tergeser
Segmen Smartphone Kelas Menengah Dilahap, Samsung Tergeser

jpnn.com - JAKARTA - Lembaga riset Counterpoint Technology Market Research merilis peringkat operator, vendor lokal maupun global di Indonesia. Lembaga riset yang berpusat di Hong Kong tersebut menempatkan Samsung sebagai pasar smartphone di posisi pertama sebesar 24,2 persen. Di posisi kedua disusul Evercoss 14,3 persen, Advan 11 persen, Smartfren 10,4 persen kemudian Asus 8,8 persen.

Menurut data tersebut, untuk pasar ponsel secara keseluruhan, Samsung tergerus sangat besar dari 32,9 persen di kuartal I 2015 menjadi 24,2 persen di kuartal II. Menurut Counterpoint, hal ini terjadi karena semakin maraknya merek-merek Asus, Vivo, Oppo, dan Xiaomi yang mengambil segmen smartphone kelas menengah Samsung.

Walau begitu, Samsung masih bertahan sebagai merek smartphone terpopuler di Indonesia, diikuti oleh Evercoss, Advan, dan Smartfren. Sedangkan, Oppo yang sebelumnya mengisi posisi kelima di klasemen ini disalip oleh Asus.

Sementara untuk brand nasional, Evercoss bertengger di posisi pertama dengan menguasai pangsa pasar 18,5 persen. Disusul Samsung 16,6 persen, Microsoft 9,6 persen, Mito 7,6 persen, Advan 7,3 persen.

Analis Senior, Tarun Pathak menjelaskan Counterpoint Technology Market Research dalam melakukan survei menggunakan metodologi riset. Setiap kuartalnya Counterpoint melacak dan mengestimasi jumlah pengiriman ponsel yang disebarkan ke dalam berbagai channel penjualan dari para manufaktur.

"Estimasi pengiriman ini lalu akan ditriangulasikan dengan survei level industri yang berbeda untuk menemukan estimasi kuantitatif yang akurat terhadap performa vendor dan pasar untuk masing-masing kategori perangkat,” ungkap Tarun dalam siaran persnya, Minggu (13/9). (chi/jpnn)

 


JAKARTA - Lembaga riset Counterpoint Technology Market Research merilis peringkat operator, vendor lokal maupun global di Indonesia. Lembaga riset


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News