Tersangka Utama Bom Bangkok Diidentifikasi Etnis Uighur

Tersangka Utama Bom Bangkok Diidentifikasi Etnis Uighur
Tersangka Utama Bom Bangkok Diidentifikasi Etnis Uighur

jpnn.com - BANGKOK - Polisi Thailand memastikan bahwa tersangka utama kasus pemboman di ibukota ini pada bulan lalu diidentifikasi sebagai etnis Uighur. Polisi juga telah mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap tersangka. 

Seperti dilansir AFP, hal itu dikonfirmasi juru bicara polisi Thailand, Prawut Thavornsiri setelah pemerintah menerbitkan selembar foto terbaru tersangka, yang dikenal dengan nama Abudusataer Abudureheman atau Ishan yang memiliki kewarganegaraan Tiongkok.

"Tersangka merupakan etnis Uighur berdasarkan informasi paspor miliknya," kata Thavornsiri.

Pengumuman tersebut, sekaligus memperkuat dakwaan analis tentang kejadian pemboman di Kuil Erawan pada 17 Agustus lalu yang menewaskan 20 nyawa memiliki kaitan dengan tindakan balas dendam etnis Uighur terhadap Thailand.

Sebulan sebelum kejadian, pemerintah Thailand mengirim pulang 109 etnis Uighur ke Tiongkok, sehingga memicu protes di kalangan minoritas itu di Turki.

Etnis Uighur yang menetap di wilayah Xinjiang, Tiongkok merupakan minoritas yang tertindas dan menyebabkan mereka melarikan diri ke negara lain termasuk Thailand. (AFP/ray/jpnn)


BANGKOK - Polisi Thailand memastikan bahwa tersangka utama kasus pemboman di ibukota ini pada bulan lalu diidentifikasi sebagai etnis Uighur. Polisi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News