Sudah 3.988 JCH di Makkah, Satu Meninggal akibat Gagal Pernafasan

Sudah 3.988 JCH di Makkah, Satu Meninggal akibat Gagal Pernafasan
Sudah 3.988 JCH di Makkah, Satu Meninggal akibat Gagal Pernafasan

jpnn.com - PEKANBARU - Seluruh jamaah calon haji (JCH) asal Riau yang tergabung di seluruh klompok terbang (kloter) dari Embarkasi Batam dinyatakan aman dari bencana angin badai dan rubuhnya crane di Masjidil Haram. Namun demikian pada Sabtu (12/9) ada satu JCH asal Kampar, yaitu Mukhtar Muhammad (69) tergabung di kloter 8 meninggal dunia di tanah suci Makkah.

Meninggalnya JCH asal Riau ini bukan dikarenakan bencana angin badai dan rubuhnya crane akan tetapi gagal pernapasan saat dirawat  di Rumah Sakit King Abdul Aziz Makkah. '

'Jadi sampai sekarang sudah tiga JCH Riau meninggal dunia di Makkah. Namun untuk musibah rubuhnya crane dan angin badai di Masjidil Haram tak ada JCH Riau yang menjadi korban,'' kata Kabid Haji dan Umrah Drs HM Aziz MM kepada Riau Pos.

Menurut dia laporan dari seluruh kloter yang diberangkatkan tak ada kendala dan tak ada menjadi korban musibah tersebut. ''Kita sudah menghubungi langsung para ketua kloter dan alhamdulillah tak ada JCH kita terkena musibah tersebut,'' jelasnya.

Berdasarkan informasi memang benar ada JCH dari Embarkasi Batam yang terkena korban bencana badai tersebut akan tetapi bukan JCH Riau namun JCH tergabung di kloter I, 14 dan 17. Yaitu JCH asal Provinsi Kepulauan Riau, Jambi dan Kalimantan Barat. ''Jadi kita bersyukur JCH kita tak ada terkena bencana itu,'' jelasnya.

Dirinya juga menjelaskan untuk saat sekarang sudah 3.988 JCH Riau sudah berada di tanah suci. Dan rencananya hari ini, Ahad (13/9) sebanyak 38 JCH yang berasal dari Pekanbaru 25 orang, Kampar enam orang, Inhil 5 orang dan Siak 2 orang diberangkatkan ke Kota Makkah. Puluhan JCH Riau ini tergabung dengan kloter 20 Embarkasi Batam.

Pasca-musibah angin kencang yang menimpa Jemaah Calon Haji (JCH) di Mekkah, kondisi JCH Siak, dalam keadaan selamat. "Setelah dicek, 166 JCH Siak dalam keadaan selamat," kata tim TPHD Siak Syamsul mengabarkan, Jumat (12/9) dini hari.

Kondisi saat ini, JCH sedang melaksanakan rukun haji di Mekkah. Kepada warga Siak, ia minta agar didoakan, agar diberi kekuatan, dan kesehatan, serta dapat melaksanakan ibadah haji. 

PEKANBARU - Seluruh jamaah calon haji (JCH) asal Riau yang tergabung di seluruh klompok terbang (kloter) dari Embarkasi Batam dinyatakan aman dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News