Parah! Dinkes Pekanbaru Kekurangan Stok Masker

Parah! Dinkes Pekanbaru Kekurangan Stok Masker
ilustrasi. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - PEKANBARU - Kabut asap yang semakin padat di Pekanbaru ternyata tak diiringi dengan ketersediaan berbagai prasarana untuk menghindarinya. Hal ini terbukti dengan sedikitnya stok masker yang ada di Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru yang hanya tinggal 20 ribu masker.

Padahal jumlah masyarakat Pekanbaru berjumlah 1 juta jiwa lebih. Sementara status asap di ibu kota Riau ini, masih pada level berbahaya.

Kepalda Diskes Kota Pekanbaru, Helda S Munir, Senin (14/9) mengaku pihaknya sudah mengajukan permintaan 100 ribu kepada pemerintah provinsi (Pemprov) untuk menambah persediaan masker untuk Pekanbaru.

"Sudah lumayan lama kita minta kepada Pemprov, tapi sampai sekarang belum ada juga. Kita juga tak tahu kenapa," ujar Helda pada Riau Pos (Grup JPNN.com).

Helda menjelaskan saat ini pihaknya lebih berfokus untuk mengoptimalkan dalam pelayanan puskesmas pembantu (Pustu).

"Stok yang ada inipun lebih kita fokuskan untuk Puskesmas dan tidak lagi kita bagikan ke jalan-jalan. Kalaupun ada mungkin ke pasar-pasarlah," jelasnya.

Lebih lanjut ia mengimbau masyarakat untuk tidak mengurangu aktivitas di luar ruangan, dan kalaupun harus keluar ruangan agar menggunakan masker.

"Jangan lupa juga banyak minum air putih, makan-makanan sehat, sayuran dan juga buah," imbaunya.(rpg/jpnn)

PEKANBARU - Kabut asap yang semakin padat di Pekanbaru ternyata tak diiringi dengan ketersediaan berbagai prasarana untuk menghindarinya. Hal ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News