Sungai Mengering, Stok Air PDAM di Daerah Ini Kritis

Sungai Mengering, Stok Air PDAM di Daerah Ini Kritis
Ilustrasi

jpnn.com - CIMAHI- Musim kemarau yang berlangsung cukup panjang membuat beberapa daerah di Cimahi, Jawa Barat, harus kekurangan air. Bahkan, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di sana pun terancam kekurangan stok. 

Menurunnya debit air PDAM Tirta Rahardja, Cimahi Utara terjadi karena pasokan air baku dari Cijanggel Situ Lembang mengalir di bawah 20 persen. 

"Air yang mengalir kini hanya 30 liter/detik setiap harinya, sementara normalnya 160 hingga 170 liter/detik untuk setiap harinya," kata Kepala Humas dan Hukum PDAM Tirta Raharja, Dadang Supriyadi saat ditemui di ruang kerjanya Jumat (18/9).

Dadang mengatakan, penurunan debit air ini selain disebabkan oleh musim kemarau, juga disebabkan menyusutnya Sungai Cijanggel, Situ Lembang di Kabupaten Bandung Barat. Faktor penyebabnya juga terjadi karena sendimentasi yang cukup parah.

”Jadi sampai saat ini kondisinya sangat mengkhawatirkan. Kalau sekarang, stok cuma cukup sampai dua bulan ke depan. bisa juga tidak sampai,” kata dia. (gat/rie/hen/dkk/jpnn)


CIMAHI- Musim kemarau yang berlangsung cukup panjang membuat beberapa daerah di Cimahi, Jawa Barat, harus kekurangan air. Bahkan, Perusahaan Daerah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News