Senator Ini Minta Pemerintah Dukung Petani Generasi Baru

Senator Ini Minta Pemerintah Dukung Petani Generasi Baru
Anggota DPD RI asal Provinsi Lampung, Anang Prihantoro. FOTO: DOK.IST

jpnn.com - JAKARTA - Senator atau Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Anang Prihantoro menyampaikan keprihatinan terhadap nasib para petani di Indonesia. Pasalnya, dia menganggap para petani masih kurang dihargai oleh negara.

Keprihatinan Anang ini makin mendalam tatkala komunitas petani kerap mendapat label atau selalu identik dengan kelompok yang miskin dan bodoh. Hal ini secara sosial membebani para petani maupun pegiat di bidang pertanian. Bahkan, Anang mensinyalir bahwa banyak anak muda sekarang ini mulai meninggalkan kegiatan di sektor pertanian.

Meski begitu, Anang masih optimistis karena ternyata masih ada anak muda yang usianya berkisar antara 20-30 tahun di Lampung, tetap memilih untuk menekuni kegiatan di sektor pertanian.

“Saya anggap mereka adalah petani generasi baru karena mereka itu kreatif, inovatif dan mampu mengakses teknologi pertanian serta bisa internet,” kata Anang Prihantoro, Sabtu (19/9).

Senator asal Provinsi Lampung ini, berharap kelompok anak muda di daerah pemilihnya itu suatu saat bisa menjadi basis gerakan di sektor pertanian. Sebab, kata Anang, petani generasi baru ini tidak sekedar bergerak di sektor pertanian secara konvensional, namun sudah ada sentuhan teknologi pertanian.

Kelompok petani ini, menurut Anang, memiliki pengetahuan dan menguasai teknologi pertanian sehingga mereka sudah mengembangkan bahan-bahan holtikulturasi yang punya nilai ekonomi tinggi. Misalnya, menanam semangka, melon, timun, singkong, dan banyak sekali.

“Berbagai tanaman itu bisa menjadi komoditas ekspor di masa depan,” kata Anang.

Lebih lanjut, penyandang gelar Sarjana Pertanian dari Universitas Lampung ini berharap kelompok petani generasi baru ini akan semakin berkembang apabila pemerintah serius memberikan dukungan seperti dukungan anggaran, dan berbagai fasilitas di sektor pertanian.

JAKARTA - Senator atau Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Anang Prihantoro menyampaikan keprihatinan terhadap nasib para

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News