Di Sini, Jumlah Pasien ISPA Meroket

Di Sini, Jumlah Pasien ISPA Meroket
Ilustrasi.

jpnn.com - SUKADANA - Sejak Agustus hingga 12 September 2015, jumlah pasien yang terserang infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat mencapai 2.855 pasien. Angka ini cukup tinggi jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang diperoleh dari puskesmas-puskesmas yang tersebar di Kayong Utara. 

Lonjakan pasien ISPA diprediksi akan terus meningkat setiap harinya akibat kabut asap yang pekat belakangan ini.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kayong Utara Agus Rudi Suandi menerangkan, dari data yang dihimpun mereka dari seluruh puskesmas di Kayong Utara, terdapat peningkatan angka yang cukup signifikan dan terus meningkat. 

Angka tersebut, jika dijumlahkan dengan angka pasien sejak Januari, akan jauh lebih besar. Penyebab peningkatan tersebut, lantaran dampak kabut asap yang saat ini menyelimuti Kayong Utara. 

“Saat ini terjadi peningkatan jumlah kasus penderita ISPA yang disebabkan oleh kabut asap,” kata Agus.

Ia menjelaskan, dari enam kecamatan yang tersebar di kabupaten ini, yang begitu mendominasi lonjakan penderita pasien ISPA. Salah satunya adalah di Kecamatan Simpang Hilir. Pada Agustus lalu, menurut dia, terdapat 401 pasien. Sementara pada bulan ini yang terdata hingga 12 September lalu, terdapat 235 penderita ISPA. 

“Sampai saat ini akibat dampak kabut asap ini terjadi peningkatan kasus ISPA, terutama di daerah Simpang Hilir. Kalau kita lihat secara global, peningkatan memang terjadi di Puskesmas Simpang Hilir. Berdasarkan hasil rapat tadi memang banyaknya pembakaran lahan yang terjadi di daerah Simpang Hilir, terutama di daerah perkebunan,” ungkap Agus. (lud)


SUKADANA - Sejak Agustus hingga 12 September 2015, jumlah pasien yang terserang infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) di Kabupaten Kayong Utara,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News