Ternyata Cadangan Gas Blok Masela Besar Sekali, Apa Komentar Rizal Ramli?

Ternyata Cadangan Gas Blok Masela Besar Sekali, Apa Komentar Rizal Ramli?
Rizal Ramli. Foto: Dok. JPNN.com.

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli tak mau menyia-nyiakan potensi gas yang berada di Blok Masela, yang terletak di Pulau Aru, Provinsi Maluku.

"Tadinya kecil (potensi gasnya), tapi makin banyak ditemukan sehingga cadangan itu mencapai sekitar 10,7 TCF. Itu sangat besar sekali (cadangan gasnya)," ujar Rizal usai mengelar rapat dengan kementerian ESDM dan SKK Migas di kantornya, Gedung BPPT, Jakarta, Senin (21/9)

Untuk memanfaatkan potensi gas tersebut, kata Rizal, saat ini pemerintah punya dua pilihan. 

Pilihan pertama, pemerintah akan menimbang usul untuk membangun floating unit dalam proses mengangkut gas dari area Blok Masela. 

Pilihan kedua, mengelola gas di wilayah Indonesia Timur diawali dengan membangun pipa.

"Pipanya itu kita bikin 600 km. Jadi dari lokasi ditemukannya gas, kita bangun pipa ke Aru. Manfaatnya, akan terjadi pengembangan wilayah pulau Aru," papar Rizal.

Atas dasar itulah, Rizal Ramli meminta Kementerian ESDM dan SKK Migas agar mempertimbangakan secara matang dua pilihan tersebut. 

"Evaluasi yang betul-betul menyeluruh dan komprehensif. Pilihan mana yang paling baik untuk Indonesia. Apa bikin floating unit atau pipa 600 KM ke Aru," sarannya. (chi/jpnn)


JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli tak mau menyia-nyiakan potensi gas yang berada di Blok Masela, yang terletak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News