BIN Bantu Cari Aktor Intelektual di Balik Bencana Asap

BIN Bantu Cari Aktor Intelektual di Balik Bencana Asap
Kepala BIN, Sutiyoso. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Kepala BIN, Sutiyoso mengakui, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah meminta pihaknya untuk membantu menelusuri pelaku kebakaran hutan dan lahan yang masif belakangan ini. Menurutnya, Menhut, Siti Nurbaya sendiri yang memintanya membantu.

"Kami kan memang BIN di daerah bisa dimanfaatkan semua departemen, karena itu memang tugas kami. Tadi Bu Siti ngomong begitu. Ya tentu kami akan tindaklanjuti dengan informasi-informasi yang bisa kami berikan," ujar pria yang akrab disapa Bang Yos itu di kompleks Istana Negara, Jakarta, Senin (21/9).

Tadinya, BIN memang dimintai bantuan karena polisi dianggap kewalahan mencari aktor intelektual yang membayar masyarakat untuk membakar lahan dan hutan. Ditambah, saat ini jumlah titik api terus bertambah. Ini diduga sengaja dilakukan manusia.

Sementara itu, soal pensiunan jenderal yang diduga menjadi beking para warga di lapangan, Bang Yos mengaku belum mengetahuinya. Sejauh ini, BIN belum mendapatkan laporan mengenai hal tersebut.

"Itu kami serahkan ke polisi, itu bukan domain kami. Kalau memang kami dapat informasi, akan kami berikan. Tapi sejauh ini enggak dapat info yang seperti itu," tandas Sutiyoso. (flo/jpnn)


JAKARTA - Kepala BIN, Sutiyoso mengakui, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah meminta pihaknya untuk membantu menelusuri pelaku kebakaran


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News