Ketika Sukhoi TNI AU Siap Kejar dan Turunkan Pesawat Asing

Ketika Sukhoi TNI AU Siap Kejar dan Turunkan Pesawat Asing
Sejumlah kru pesawat melakukan pemeriksaan terhadap pesawat Sukhoi seusai mengusir pesawat asing di wilayah Kepri di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Senin (21/9). Foto: Cecep/Batam Pos/JPNN.com

jpnn.com - PESAWAT tempur TNI AU jenis Sukhoi dari Skuadron 11 Unjungpandang yang siaga di Bandara Hang Nadim Batam sukses mengusir satu jet asing, Senin (21/9) siang. Pesawat jet tersebut diusir karena melintas di wilayah udara Kepri tanpa izin. 

"Kami mengerahkan dua Sukhoi untuk mengusirnya," kata Danlanud Tanjungpinang, Letkol (Pnb) I Ketut Wahyu Wijaya, kemarin.

Namun Ketut belum merinci dari dan hendak kemana peswat tersebut. Dia juga belum bisa memastikan, apakah pesawat tersebut merupakan jet tempur atau bukan.

Ketut hanya menegaskan, sampai saat ini pihaknya masih memberikan toleransi kepada pesawat asing yang melintas secara ilegal. Apalagi jika pesawat tersebut masih mau bekerjasama saat dilakukan pengusiran.

"Jadi, sejauh ini tindakannya diusir saja," kata Ketut. 

Namun dia juga menegaskan, jika ada perintah untuk memaksa turun (force down) dari atasan, Ketut mengaku pihaknya siap. "Kami akan siap bila diperintah seperti itu," ucapnya. (jpgroup)


PESAWAT tempur TNI AU jenis Sukhoi dari Skuadron 11 Unjungpandang yang siaga di Bandara Hang Nadim Batam sukses mengusir satu jet asing, Senin (21/9)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News