Warga 10 Desa di Sinabung Direlokasi Bertahap

Warga 10 Desa di Sinabung Direlokasi Bertahap
Warga 10 Desa di Sinabung Direlokasi Bertahap. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi mengatakan, dari total wilayah yang terdampak erupsi Sinabung, ada 10 desa yang akan direlokasi sesuai instruksi Presiden Joko Widodo. Desa-desa tersebut berada di radius 3-5 kilometer dari lokasi erupsi.

"Relokasi akan dibangun hunian tetap. Terbagi atas 3 tahap, total 10 desa," ujar Erry di kantor kepresidenan, Jakarta, Senin (21/9).  

Saat ini, total pengungsi di 10 desa itu sebanyak 2.615 KK dengan rincian 9.583 jiwa. Tahap I relokasi, kata dia, terdiri dari 3 desa dengan jumlah 370 kepala keluarga. Sedangkan untuk tahap 2 direncanakan pembangunan rumah di 4 desa dengan jumlah 1.683 KK.

Rencananya, presiden akan mengunjungi tempat relokasi itu, pekan ini. Dalam rapat terbatas dengan presiden, masalah relokasi ini sudah diinstruksikan harus selesai pada akhir 2015.

"Presiden berharap penyelesaian hunian tetap bisa segera ditindaklanjuti. Terutama dalam kerja sama pemerintah pusat dan pemkab," kata Erry.(flo/jpnn)


JAKARTA - Wakil Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi mengatakan, dari total wilayah yang terdampak erupsi Sinabung, ada 10 desa yang akan direlokasi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News