Diet yang Bisa Memotong Risiko Kanker Payudara

Diet yang Bisa Memotong Risiko Kanker Payudara
ILUSTRASI: FOTO: Yahoo Health

jpnn.com - Diet Mediterania hanya mengonsumsi makanan nabati, ikan dan minyak zaitun, dikenal sangat baik untuk mencegah penyakit jantung, meningkatkan kecerdasan otak dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kini sebuah studi baru dari Spanyol menemukan bahwa diet ini juga bisa mengurangi risiko kanker payudara.

Para peneliti meneliti secara acak lebih dari 4.200 wanita, usia 60 tahun sampai 80 tahun dan meminta mereka untuk melakukan diet Mediterania yang dilengkapi dengan minyak zaitun extra virgin atau dengan kacang atau diet kontrol rendah lemak.

“Kami menemukan efek yang kuat dari intervensi diet jangka panjang dengan diet Mediterania dan minyak zaitun extra virgin pada kasus kanker payudara,” kata peneliti Dr. Miguel Angel Martinez-Gonzalez, seperti dilansir laman Health, Selasa (22/9).

Dibandingkan dengan kelompok kontrol diet, kelompok diet Mediterania yang menambahkan minyak zaitun dalam diet mereka memiliki risiko 68 persen lebih rendah terkena kanker payudara.

Para wanita yang diteliti sejak tahun 2003-2009 berisiko tinggi terkena penyakit jantung dan obesitas. Obesitas sendiri merupakan faktor risiko untuk kanker payudara.

Penelitian ini dilakukan dalam kerangka sebuah studi besar yang disebut PREDIMED, dirancang untuk melihat efek dari diet pada pencegahan penyakit jantung. Buku ini diterbitkan secara online di JAMA Internal Medicine.

Apa manfaat minyak zaitun yang ditambahkan dalam diet mediterania sehingga mampu mencegah kanker payudara? Jawabannya adalah zat yang terkandung dalam minyak zaitun mungkin menghambat pertumbuhan sel kanker payudara dan membunuh sel-sel abnormal.

Diet Mediterania hanya mengonsumsi makanan nabati, ikan dan minyak zaitun, dikenal sangat baik untuk mencegah penyakit jantung, meningkatkan kecerdasan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News