Sekolah Terbaik di Indonesia Adalah Swasta, Terjelek Juga Swasta

Sekolah Terbaik di Indonesia Adalah Swasta, Terjelek Juga Swasta
ilustrasi / jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan regulasi khusus terkait pendirian sekolah swasta. Tujuannya ialah sekolah swasta yang baru didirikan mengutamakan kualitas.

Faktanya sekarang ada lebih dari separuh ruang kelas dengan jumlah siswa kurang dari 30 anak. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemendikbud Hamid Muhammad mengatakan, fenomena sekolah yang kosong atau sedikit siswanya itu mudah ditemukan.

“Memilih sekolah itu tidak bisa dipaksakan. Semua orangtua pasti ingin menyekolahkan anaknya di sekolahan yang berkualitas,” kata dia dalam diskusi Education Sector Analytical and Capacity Development Partnership (ACDP) di Jakarta kemarin.

Sementara itu, kondisi sekolah swasta di Indonesia sangat luar biasa variasinya. Saat ini sekolah terbaik di Indonesia adalah sekolah swasta. “Sekolah terjelek se-Indonesia juga sekolah swasta,” katanya.

Untuk itu Hamid mengatakan pemerintah daerah tidak bisa lagi mengeluarkan kebijakan by pass untuk memberikan izin pendirian sekolah baru. Kebijakan by pass itu maksudnya adalah memberikan kelonggaran-kelonggaran persyaratan tertentu untuk mendirikan sekolah baru.

Hamid menjelaskan usulan pendirian sekolah baru harus menyertakan verifikasi dokumen tanah dan bangunan. Selain itu juga harus ada kajian potensi siswa dan calon guru. “Setelah semua beres, pendirian sekolah baru harus dicek kesesuaiannya dengan standar pelayanan minimal,” tuturnya. (wan)

 


JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan regulasi khusus terkait pendirian sekolah swasta. Tujuannya ialah sekolah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News