Seperti ini Peran Agen Pesepakbola Top Dunia

Seperti ini Peran Agen Pesepakbola Top Dunia
ronaldo / afp

jpnn.com - LONDON - Sepak bola profesional membuat peran agen semakin penting dari waktu ke waktu. Mereka bisa menentukan ke mana seorang bintang berpindah. Mereka juga selalu mengeruk keuntungan berlipat.

Bagi Jorge Mendes, Juni-Agustus dan Desember-Januari adalah waktunya bekerja. Pada bulan-bulan lainnya dia akan menikmati liburan di vila mewahnya di Ibiza, Portugal atau kepulauan Karibia.

Sebagai agen pemain, pada periode bursa transfer Eropa bergeliat teleponnya tak akan henti berdering siang dan malam. Dia akan terbang ke kota-kota besar di Eropa untuk berjumpa pemilik klub elite dan melakukan negosiasi alot.

Setelah negosiasi deal, dia akan keluar dari hotel atau restoran dengan senyuman lebar. Pundi-pundi rekening banknya pun akan bertambah jutaan USD dalam waktu sekejap.

Mendes adalah seorang agen pemain. Berkat usahanya ini dia masuk dalam top-five orang terkaya di Portugal dengan jumlah kekayaan lebih dari Rp 1,48 triliun. Bagaimana tidak kaya coba, lewat agensi yang bernama Gestifute, dia menangani lebih dari 100 kontrak pemain sepak bola ternama di dunia. Mulai dari Cristiano Ronaldo, Angel di Maria, Diego Costa, David de Gea, James Rodriguez hingga Anthony Martial.

Dilansir dari Sport.es, saat bursa transfer musim panas 2015-2016 ditutup Mendes didapuk jadi pemenang. Dia terlibat dalam total transfer yang bernilai 400 juta euro (setara Rp 6,34 triliun). Mulai dari kepergian Martial ke Manchester United, Nicolas Otamendi ke Manchester City, Di Maria ke Paris Saint-Germain (PSG), Jackson Martinez ke Atletico Madrid, hingga Arda Turan yang pindah ke Barcelona.

Dari transfer itu, Mendes mendapat fee sebesar 10 persen. Artinya 40 juta euro yang didapat musim panas sudah cukup jadi modal berfoya-foya sepanjang tahun. Meski begitu, dilansir Forbes, Mendes bukanlah agen terkaya di dunia. Dia berada di urutan kedua di bawah agen pemain Major League Baseball Scott Boras.

Lantas apa untungnya pemain dan klub dengan agen? Jawabnya adalah uang. Dengan lobi agen, harga pemain bisa naik hinga berkali lipat. Dan, yang untung dalam hal ini adalah si pemain dan klub sebelumnya.

LONDON - Sepak bola profesional membuat peran agen semakin penting dari waktu ke waktu. Mereka bisa menentukan ke mana seorang bintang berpindah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News