Dikunjungi Presiden Tiongkok, Obama Cairkan Suasana dengan Ucapan Ini

Dikunjungi Presiden Tiongkok, Obama Cairkan Suasana dengan Ucapan Ini
barack obama / afp

jpnn.com - WASHINGTON - Presiden Tiongkok Xi Jinping melanjutkan lawatannya di Amerika Serikat (AS). Setelah berkunjung ke Kota Seattle, King County, Negara Bagian Washington, dia bergeser ke Washington DC. Jum'at waktu setempat (25/9), dia menginjakkan kakinya di Gedung Putih.

 ''Ni hao,'' sapa Presiden Barack Obama seraya menjabat tangan tamunya. Sapaan dalam bahasa Mandarin yang berarti halo itu langsung menerbitkan senyum di bibir Xi.

Pertemuan hangat dua pemimpin dunia itu berlanjut saat mereka berkeliling Gedung Putih. Khususnya, West Wing. Mereka lantas menyeberang Pennsylvania Avenue menuju Blair House sambil berbincang ringan.

Para pengamat politik Negeri Paman Sam berharap kehangatan yang mencairkan asumsi banyak orang tentang hubungan panas-dingin AS dan Tiongkok itu bakal berlanjut dalam jamuan makan malam.

Jumat waktu setempat  (26/9), Obama dan Xi dijadwalkan duduk satu meja dalam gala dinner. Yakni, acara yang selalu Gedung Putih selenggarakan untuk menyambut tamu negara.

Ada dua agenda penting yang diduga kuat menghiasi acara santap malam tersebut. Yakni, kekuatan militer Tiongkok dan sengketa Negeri Panda dengan beberapa negara tetangganya terkait Laut China Selatan.

''Pada suatu masa, kami bekerja sama dan bersaing,'' kata seorang pejabat Gedung Putih. Yang penting, lanjut dia, kedua pihak bisa menjaga persaingan itu tetap sehat dan wajar.

Kamis malam waktu setempat, Xi dan Obama sudah duduk bersama di meja makan. Jamuan makan malam informal itu, oleh sebagian pengamat, menjadi gambaran gala dinner.

WASHINGTON - Presiden Tiongkok Xi Jinping melanjutkan lawatannya di Amerika Serikat (AS). Setelah berkunjung ke Kota Seattle, King County, Negara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News