Berbicara di Markas PBB, Puan Sodorkan Spirit Gotong Royong untuk Atasi Kemiskinan

Berbicara di Markas PBB, Puan Sodorkan Spirit Gotong Royong untuk Atasi Kemiskinan
Menko Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) saat berbicara pada dialog interaktif Delivering on A Revitalised Global Partnership di markas PBB, New York, Amerika Serikat, Sabtu (26/9). Foto: Kemenko PMK for JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani mengajak negara-negara berkembang untuk bekerja sama dalam pemberantasan kemiskinan. Puan menyampaikan ajakannya saat menjadi salah satu pembicara pada dialog interaktif 'Delivering on A Revitalised Global Partnership' di markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat, Sabtu (26/9) waktu setempat.

Berbicara di even internasional itu, Puan mengingatkan pentingnya negara-negara berkembang agar bekerja sama dalam mencapai target Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan yang belum lama ini disahkan PBB. Menurutnya, kerja sama itu penting lantaran angka kemiskinan di dunia masih tinggi meski Millenium Development Goals (MDGs) sudah dimulai sejak 15 tahun silam.

“Dibutuhkan kerja sama internasional untuk membantu negara-negara berkembang mencapai tujuan pembangunannya. Meskipun tanggung jawab utama pembangunan ekonomi dan sosial berada di tangan masing-masing negara, namun kerja sama internasional diperlukan untuk membantu negara-negara berkembang dengan memperhatikan prinsip keadilan sosial dan kemanusiaan," ujarnya.

Lebih lanjut Puan menyodorkan spirit gotong royong di antara negara-negara berkembang untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan yang masuk dalam Agenda 2030. Menurutnya, gotong royong itu akan mempercepat pencapaian target.

"Untuk mempercepat upaya pencapaian target dan tujuan pembangunan, negara-negara berkembang perlu memperkuat kerja sama internasional yang berlandaskan asas gotong royong," tegasnya.

Selain itu Puan juga mengingatkan pentingnya kerja sama antara pemerintah dengan swasta dalam untuk membentuk kemitraan positif. Menurutnya, swasta bisa menyediakan lapangan kerja dan pemberdayaan masyarakat. "Kemitraan tersebut akan memberi dampak positif yang kua," ujar Puan.(ara/JPG/JPNN)

 


JAKARTA - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani mengajak negara-negara berkembang untuk bekerja sama


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News