Ide-Ide Terobosan di Masa Sulit

Oleh Dahlan Iskan

Ide-Ide Terobosan di Masa Sulit
Ide-Ide Terobosan di Masa Sulit

jpnn.com - PELAKU ekonomi biasanya memanfaatkan masa sulit untuk konsolidasi. Pabrik ditutup untuk dilakukan perbaikan dan perawatan mesin. Daripada terus berproduksi, tapi rugi karena sulit menjual.

Karyawan dikerahkan untuk perbaikan lingkungan. Atau dididik ulang. Atau diberi keterampilan yang berbeda. Daripada pura-pura sibuk. Beruntung sekali bagi pengusaha yang bisnisnya tahan krisis atau bahkan antikrisis.

Negara pun begitu. Banyak yang bisa kita kerjakan di masa sulit ini. Daripada berantem. Proyek-proyek infrastruktur adalah bentuk kegiatan yang tepat di masa konsolidasi.

Proyek infrastruktur adalah proyek yang nyaris tidak memerlukan barang impor. Bahkan bisa membantu menghidupi beberapa industri yang sangat sulit. Misalnya industri baja.

Mereka mau memberi harga lebih murah. Atau memberikan sistem pembayaran yang longgar. Penyerapan tenaga kerja proyek infrastruktur juga besar. Manfaatnya pun luar biasa. Terutama saat kita kembali melakukan start nanti.

Memang kadang kita harus mengelus dada. BUMN harus membeli izin proyek jalan tol yang lama digantung. Pemilik izin bisa menjual izin dengan harga mahal.

Sungguh bisnis yang sangat enak. Mereka dapat izin membangun jalan tol. Sudah bertahun-tahun tidak dilaksanakan. Kini negara terdesak untuk melaksanakan. Tidak berani mencabut izin tersebut.

Itulah kenyataan hidup. Ada yang di masa sulit ini bisa memanfaatkan posisinya yang seperti itu. Negara terpaksa mengambil alihnya. Sebab, izin tersebut adalah izin infrastruktur yang vital.

PELAKU ekonomi biasanya memanfaatkan masa sulit untuk konsolidasi. Pabrik ditutup untuk dilakukan perbaikan dan perawatan mesin. Daripada terus berproduksi,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News