Gara-gara Ini, Jemaah Kloter Pertama Terlambat Pulang

Gara-gara Ini, Jemaah Kloter Pertama Terlambat Pulang
ilustrasi haji / jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Jemaah haji Indonesia yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama pemulangan ke Tanah Air mengalami keterlambatan selama 10 jam. Semula, kloter JKG 01 akan diterbangkan dengan dengan pesawat Garuda 7461 pada 08:40 waktu Arab Saudi.

"Jadwal baru JKG 01 akan diterbangkan pada pukul 18.40 waktu Arab Saudi," kata Kepala Daerah Kerja Bandara Jeddah-Madinah PPIH Arab Saudi Nurul Badruttamam, Senin (28/9).

Menurut Nurul, keterlambatan terjadi karena penerbangan harus menunggu kru Garuda yang akan bertugas mengangkut kloter JKG 01. Kru itu terbang dengan pesawat GA 980 (penerbangan reguler) dan mengalami keterlambatan mendata di Bandara King Abdul Azis Jeddah karena harus mendarat darurat di Colombo.

Pendaratan darurat dilakukan karena ada penumpang anak kecil Arab yang terluka akibat membentur pembatas kursi dan harus memerlukan pertolongan pertama. Sesuai dengan aturan penerbangan internasional, ‎Nurul menyatakan, waktu istirahat kru Garuda sebanyak 18 jam.

"Karenanya hal tersebut berpengaruh terhadap penerbangan JKG 01," ucap Nurul.

Ia menyatakan, jemaah haji Kloter JKG 01 itu kini ditempatkan di Hotel Norcom Jeddah. "Segala beban biaya akomodasi 440 jemaah JKG 01 ini ditanggung pihak Garuda,"‎ ungkap Nurul. (gil/jpnn)

 


JAKARTA - Jemaah haji Indonesia yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama pemulangan ke Tanah Air mengalami keterlambatan selama 10


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News