Minggu Ini, Kemdagri Lantik Enam Penjabat Kepala Daerah di Sumut

Minggu Ini, Kemdagri Lantik Enam Penjabat Kepala Daerah di Sumut
Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemendagri, Sumarsono. FOTO: Antaranews.com

jpnn.com - JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membenarkan baru mengirimkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan enam Penjabat Kepala Daerah kepada Wakil Gubernur selaku Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, untuk segera dilantik. Dari enam nama tersebut, belum termasuk nama untuk Pj Wali Kota Medan.

“Penjabat Sumut siang tadi (Senin, red) dilantik enam orang, itu laporan gubernur. Enam nama berikutnya menunggu. Tapi, saya yakin minggu ini sudah turun semuanya,” ujar Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemendagri, Sumarsono, Senin (28/9) petang.

Menurut Sumarsono, meski SK untuk Penjabat Wali Kota Medan belum diterbitkan, namun dia yakin tak akan menghambat proses pemerintahan di Pemkot Medan. Pasalnya, dalam minggu ini SK enam penjabat lainnya termasuk untuk Wali Kota Medan, diyakini sudah akan ditetapkan.

“Tak lama lagi, saya prediksi minggu ini sudah tuntas. Kemarin ada sedikit pergeseran-pergeseran,” ujarnya.

Dari proses penetapan enam penjabat yang belum dilantik, menurut Sumarsono, posisinya sebagian masih di meja Mendagri Tjahjo Kumolo. Sementara sebagian lainnya telah turun ke bawah, hanya tinggal menunggu penyalinan.

Namun Sumarsono belum menyebut untuk daerah mana saja nama-nama penjabat yang masih dalam proses tersebut. Dari informasi yang diperoleh, keenam daerah tersebut antara lain penjabat untuk Wali Kota Medan dan Kota Pematang Siantar.

“Semua SK sudah proses di atas (ruangan Mendagri, red). Posisinya sebagian di Mendagri, sebagian sudah turun, tinggal salinan. Kalau sudah selesai, pelantikan bisa Jumat (2/10). Saya harapkan bisa tuntas,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemprov Sumut mengirimkan 36 nama calon Penjabat Kepala Daerah untuk 12 daerah di Sumut. Dari jumlah tersebut, Mendagri telah menandatangani SK Penjabat untuk enam daerah. Mereka adalah Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Sumut Alwin Sitorus sebagai Penjabat Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Asisten IV Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut Fitriyus sebagai Penjabat Bupati Asahan.

JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membenarkan baru mengirimkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan enam Penjabat Kepala Daerah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News