DPR Titip Pesan buat PPIH soal Kepulangan Jemaah Haji

DPR Titip Pesan buat PPIH soal Kepulangan Jemaah Haji
Saleh Partaonan Daulay. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Tim pengawas haji dari DPR RI meminta agar Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daker Makkah dan Madinah mempersiapkan secara baik rencana kepulangan jemaah haji ke Indonesia. 

Pasalnya, kepadatan dan kesibukan bandara Jeddah dan Madinah akan semakin meningkat dalam beberapa hari ke depan. 

Ketua Komisi VIII DPR Saleh Partaonan Daulay mengatakan salah satu yang perlu diperhatikan adalah tidak terjadinya delay penerbangan yang tentu sangat mengganggu kenyamanan jemaah haji.

"Kemarin, di Jeddah ada penerbangan menuju Jakarta yang delay sampai 10 jam. Hal seperti ini tentu tidak mesti terjadi jika dilakukan antisipasi sejak awal," kata Saleh melalui pesan WhatsApp dari Makkah, Selasa (29/9).

Tahun lalu, keterlambatan dan penundaan penerbangan juga terjadi. Waktu itu, keterlambatan dikarenakan adanya satu sektor bandara yang tidak bisa dimasuki jamaah. Akibatnya, penumpukan jemaah haji tidak bisa dihindari.

"PPIH sebaiknya segera menghubungi otoritas bandara. Setidaknya, jamaah haji Indonesia diberikan satu pintu khusus. Dengan begitu, proses boarding jemaah bisa lebih cepat dilakukan," ujar politikus PAN itu.

Selain itu, keterlambatan juga bisa terjadi di imigrasi. Untuk mengantisipasi hal itu, PPIH bisa menempatkan petugas-petugasnya untuk membantu dan mendampingi para jemaah.

"Jemaah kita banyak yang tidak bisa berbahasa Arab. Banyak juga yang baru pertama berangkat ke luar negeri. Karena itu, perlu didampingi agar mereka mudah melalui proses screening di imigrasi," pungkasnya. (fat/jpnn)


JAKARTA - Tim pengawas haji dari DPR RI meminta agar Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daker Makkah dan Madinah mempersiapkan secara baik rencana


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News