Hiii Serem...Banyak Tengkorak di Gua Ini, Mistis Banget

Hiii Serem...Banyak Tengkorak di Gua Ini, Mistis Banget
Gua Tengkorak di Desa Lawolatu Kecamatan Ngapa, Kabupaten Kolaka Utara. Foto: Muh Rusli/Kendari Pos/JPNN

DI wilayah Sulawesi Tenggara cukup banyak ditemukan gua tengkorak. Tak hanya di Konawe Utara, gua tengkorak juga ditemukan di Desa Lawolatu Kecamatan Ngapa, Kabupaten Kolaka Utara.
----------
Laporan Muh. Rusli
----------
Tulang belulang di Gua Lawolatu lebih tertata dengan bagus dibanding gua tengkorak di Konut. Apalagi keindahan gua yang dihiasi stalaktik dan stalaknig menjadikan lokasi itu menarik minat wisatawan. Gua Lawolatu kini dijadikan sebagai objek wisata mistik dan budaya.

Gua Lawalatu dikenal dengan nama Gua Tengkorak berjarak kurang lebih 45 km dari ibu kota kabupaten Kolaka Utara. Lokasi gua tersebut tidak begitu jauh dari kompleks perumahan warga yang bisa ditempuh dengan menggunakan roda dua menyusuri jalan perkebunan.

Gua Tengkorak itu sendiri posisinya berada di puncak bukit bebatuan yang dikelilingi pepohonan besar dan rumput liar sehingga tidak tampak dari luar. Untuk sampai ke mulut gua, pengunjung harus mempersiapkan spiritnya dengan berjalan menanjak meskipun hanya berjarak puluhan meter saja dari kaki bukit.

Saat berada di mulut gua, puluhan tulang rangka manusia hingga tempurung kepala tersusun rapi di bebatuan. Beberapa diantaranya juga terlihat berserakan di tanah dengan kondisi yang sudah rusak, entah karena faktor masa atau karena tangan jahil manusia.

Beberapa serpihan alat rumah tangga yang terbuat dari keramik juga ditemukan tidak utuh lagi yang tampaknya sengaja dirusak.

Gua Tengkorak memiliki lambung yang lumayan luas, diperkirakan selebar 15 meter dan ketinggian langit-langit kisaran kurang lebih 10-20 meter. Disaat Anda menelusuri ke dalam gua, hampir setiap meter permukaan tanah terdapat bekas galian orang-orang yang sengaja memburu harta peninggalan si "tengkorak" yang ikut ditimbun di tempat tersebut.

Lambung gua tersebut tidaklah begitu gelap namun menjadi tempat favorit bagi kelelawar menggelantung karena langit-langit lubang raksasa itu terdapat sejumlah kubah dengan luas bervariasi.

Konon, di dalam gua itu terkadang pengunjung atau pemburu harta karung tersesat dan tidak tahu jalan keluar karena dilihatnya semua buntu. Padahal gua itu memiliki mulut yang sangat luas.

DI wilayah Sulawesi Tenggara cukup banyak ditemukan gua tengkorak. Tak hanya di Konawe Utara, gua tengkorak juga ditemukan di Desa Lawolatu Kecamatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News