Lho...Aidit yang Mengusulkan Bung Karno Jadi Presiden Indonesia Pertama?

Lho...Aidit yang Mengusulkan Bung Karno Jadi Presiden Indonesia Pertama?
Bung Karno membaca doa usai memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945 di Pegangsaan Timur, Jakarta. Foto: Frans Mendur/IPPHOS.

jpnn.com - INI Peran PKI di seputar proklamasi kemerdekaan Indonesia...

-------
Wenri Wanhar - Jawa Pos National Network
-------
 

15 Agustus 1945, Jepang menyerah kalah pada Sekutu setelah Nagasaki dan Hiroshima dihujani bom atom. Hari menyerahnya Jepang menandai usainya perang dunia kedua. 

Dalam suasana yang berubah begitu cepat, karena CC PKI belum sempat merumuskan instruksi untuk para kadernya, maka kader-kadernya bergerak berdasarkan inisiatif sendiri-sendiri, terutama yang berada di Jakarta.

Seputar Proklamasi 

Busjarie Latief yang meneliti topik ini tahun 1965--ketika para saksi sejarah masih hidup--dalam Manuskrip Sejarah 45 Tahun PKI mengisahkan, tanggal 14 Agustus 1945 malam, D.N. Aidit, aktivis Menteng 31 mendengar kabar Jepang telah kalah perang dari radio di kediamannya di Gondangdia, Jakarta.

Anak muda 22 tahun itu langsung bergegas mencari Wikana, Kepala Asrama Indonesia Merdeka yang juga kader muda PKI bawah tanah. Setelah jumpa, malam itu juga hingga esok harinya, keduanya keliling menyambangi kawan-kawannya dari macam-macam organisasi untuk menggelar rapat. 

"15 Agustus 1945, jam 19.00 malam dilangsungkan rapat pemuda bertempat di belakang Institut Bakteriologi," tulis Busjarie. Lokasinya persis di sekitar kampus Universitas Bung Karno (UBK) Cikini.

INI Peran PKI di seputar proklamasi kemerdekaan Indonesia... ------- Wenri Wanhar - Jawa Pos National Network -------   15 Agustus 1945, Jepang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News