Jokowi jadi Irup Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya

Jokowi jadi Irup Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya
Jokowi jadi Irup Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara pada peringatan  HariKesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Kamis (1/10). Peringatan ini sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 153/Tahun 1967 tentang Hari Kesaktian Pancasila.

"Beliau akan hadir sebagai inspektur upacara sekaligus seluruh menteri di minta untuk hadir," ujar Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sementara itu, menurut Mendikbud Anies Baswedan, Hari Kesaktian Pancasila ditetapkan pemerintah untuk menanamkan pesan pada masyarakat tentang Pancasila.

Peringatan kali ini, kata dia, istimewa karena merupakan yang ke-50 tahun Kesaktian Pancasila. Tema peringatan ini adalah 'Kerja Keras dan Gotong Royong Melaksanakan Pancasila'.

"Pancasila sebagai ideologi negara tidak akan pernah tergantikan oleh paham apapun di Bumi Pertiwi, setelah sebelumnya terjadi upaya penggantian ideologi negara yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI)," ujar Anies.

Pada peringatan ini, Komandan Upacara adalah Kapolresta Depok, Polda Metro Jaya, Kombes Polisi Dwiyono. Sementara itu, teks Pancasila dibacakan oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Pembacaan Pembukaan UUD RI 1945 oleh Ketua DPD Irman Gusman. Sedangkan pembacaan dan penandatangan Ikrar oleh Ketua DPR Setya Novanto. Pembacaan doa oleh Dirjen Bimas Islam Kemenag Machasin.

Untuk kesatuan upacara kali ini berjumlah 1029 peserta terdiri atas pasukan upacara TNI dan Polri, mahasiswa, KNPI, Pramuka serta pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK. (flo/jpnn)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara pada peringatan  HariKesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News