KRI Tangkap Empat Kapal Filipina

KRI Tangkap Empat Kapal Filipina
Kapal berbendera Filipina yang ditangkap KRI Kakap-811. Foto: Radar Tarakan/JPNN

jpnn.com - TARAKAN –  Empat kapal berbendera Filipina berisi 42 kru kapal ditangkap KRI Kakap-811  di perairan Laut Sulawesi pada 28 September lalu.

Kejadian penangkapan tersebut terjadi ketika KRI Kakap-811 sedang melaksanakan operasi di daerah Laut Sulewesi karena akan menempati sektor perairan di Ambang Batas Laut (Ambalat).

Saat siang hari, tepatnya pukul 12.25 Wita, KRI ini melihat adanya kontak dengan jarak kurang lebih 8 NM menggunakan radar JRC JMA 5322.

KRI langsung berupaya berkomunikasi dengan menggunakan radio VHF FM Chanel 16, namun tidak ada jawaban dari kapal tersebut. Setelah itu KRI berusaha mendekati lokasi kapal, dan ternyata setelah mendekat terlihat ada empat kapal berbendera Filipina ini yang sedang berjangkar di tengah lautan ini.

Kapal yang ditangkap adalah KM PB RELL  RENN 8, KM FB RELL REN 6, KM FB LB C-N-C, dan KM FB LB RR-8A. Empat kapal ini merupakan satu tim dalam proses penangkapan ikan. Dua kapal berupa penangkap ikan dan dua kapal lainnya sebagai pemberi fasilitas penerangan.

Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XIII Tarakan, Laksamana Pertama TNI Wahyudi H. Dwiyono mengatakan, kejadian penangkapan terhadap empat kapal asing ini merupakan operasi dari salah satu unsur yang tergabung dalam operasi Perisai Sakti 2015.

“Penangkapan empat kapal asing ini dilakukan pada 28 September lalu. Kebetulan pada saat itu KRI Kakap-811 sedang melaksanakan operasi di daerah Laut  Sulewesi dan akan menempati sektor perairan Ambalat,” ungkap Wahyudi kepada Radar Tarakan (Jawa Pos Group).

Wahyudi menjelaskan, dalam  penangkapan tersebut memang tidak ditemukan muatan ikan. Namun ada dugaan keempat kapal tersebut sudah melaksanakan kegiatan penangkapan ikan secara terus-menerus sejak 5 Mei 2015.

TARAKAN –  Empat kapal berbendera Filipina berisi 42 kru kapal ditangkap KRI Kakap-811  di perairan Laut Sulawesi pada 28 September

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News