Obesitas Selama Kehamilan Terkait Masalah Jantung Ibu Dikemudian Hari

Obesitas Selama Kehamilan Terkait Masalah Jantung Ibu Dikemudian Hari
ILUSTRASI. FOTO: Fox News

jpnn.com - Wanita yang mengalami obesitas selama kehamilan mungkin meninggal lebih awal atau memiliki peningkatan risiko masalah jantung di kemudian hari. Ini menurut sebuah studi baru di Inggris.

“Apa yang mengejutkan adalah bahwa pengukuran obesitas pada kehamilan ketika perempuan muda adalah penanda risiko penyakit kardiovaskular dan kematian,” kata penulis senior Rebecca M. Reynolds, seperti dilansir laman Fox News, Rabu (30/9).

Ada kemungkinan bahwa menjadi gemuk ketika seorang wanita relatif muda, dalam hal ini, usia reproduksi adalah tanda bahwa sistem kardiovaskular-nya sudah dibawah tekanan. Perubahan metabolisme selama kehamilan mungkin menambah ketegangan itu.

Para peneliti menggunakan catatan bersalin lebih dari 18.000 wanita yang melahirkan anak pertama mereka antara tahun 1950 dan 1976 di Skotlandia dan mengikuti mereka selama rata-rata 50 tahun dengan melacak kematian dan penyebab kematian melalui causes of death in a Scottish database of death records.

Mereka membagi para wanita berdasarkan apakah mereka kurus, berat badan normal, kelebihan berat badan atau obesitas pada kunjungan prenatal pertama mereka.

Perempuan yang mengalami obesitas selama kehamilan sekitar 30 persen lebih mungkin untuk meninggal selama kehamilan dari mereka yang memiliki berat badan normal, bahkan setelah memperhitungkan faktor-faktor seperti merokok, status sosial ekonomi dan preeklamsia, suatu kondisi yang melibatkan tekanan darah tinggi selama kehamilan.

Ibu kelebihan berat badan dan obesitas 6 persen dan 26 persen, masing-masing, lebih mungkin harus dirawat di rumah sakit untuk masalah jantung, seperti serangan jantung.(fny/jpnn)


Wanita yang mengalami obesitas selama kehamilan mungkin meninggal lebih awal atau memiliki peningkatan risiko masalah jantung di kemudian hari. Ini


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News