Proyek 18 Tol di Jabodetabek Harus Tuntas 2019

Proyek 18 Tol di Jabodetabek Harus Tuntas 2019
Pembangunan jalan tol. Foto ilustrasi dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Komisi V DPR RI mendorong operator mempercepat pembangunan sejumlah ruas jalan tol di kawasan Jabodetabek guna mengurangi kemacetan di Jakarta. Komisi yang membidangi infrastruktur ini meminta pembangunan tersebut bisa diselesai akhir 2019.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua Komisi V DPR Yudi Widiana di gedung DPR Jakarta, Jumat (2/10). Sebelumnya, Yudi telah mengunjungi sejumlah ruas tol Jabodetabek. Dalam kunjungan itu diketahui pembebasan lahan masih menjadi hambatan pembangunan jalan tol.

“Beban terberat ruas tol di Jakarta saat ini ada di jalur Lingkar Luar Jakarta (JLJ). Pembangunan jaringan jalan tol yang baru harus bisa segera diselesaikan. Setidaknya harus selesai pada 2019, sehingga bisa mengurangi kemacetan,” kata Yudi.

Diketahui saat ini untuk kawasan Jabodetabek ada 18 ruas jalan tol yang akan dibangun. Dari jumlah tersebut, sebagian besar sudah mulai melakukan pembebasan lahan meski belum berjalan mulus.

Adapun ruas jaringan jalan tol yang masih terkendala pembebasan lahan antara lain ruas Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (18,86%), ruas Kunciran-Serpong (27,65%), Serpong-Cinere (persiapan pengadaan tanah), Cimanggis-Cibitung (0,3%), Cibitung-Cilincing (10,56%), Depok-Antasari (26,42%), Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (29,19%) dan Cinere-Jagorawi (63,71%). (fat/jpnn)

 


JAKARTA - Komisi V DPR RI mendorong operator mempercepat pembangunan sejumlah ruas jalan tol di kawasan Jabodetabek guna mengurangi kemacetan di


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News