Wah.. Kalau Honorer K2 Jadi CPNS, Negara Hamburkan Anggaran Rp 24 Triliun

Wah.. Kalau Honorer K2 Jadi CPNS, Negara Hamburkan Anggaran Rp 24 Triliun
CPNS/ dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA-Pengangkatan honorer kategori dua (K2) menjadi CPNS akan berimbas pada membengkaknya anggaran negara di 2019. Diperkirakan dana yang tersedot untuk membiayai 440 ribu honorer K2 sebanyak Rp 24 triliun.

"Tahun depan pemerintah harus mengalokasikan anggaran 6 miliar rupiah untuk honorer K2 tahap pertama. 2017, bertambah menjadi 12 miliar, tahun ketiga (2018) naik lagi menjadi 18 miliar, dan tahun keempat juga naik," kata Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana di Kantor KemenPAN-RB, Jumat (2/10).

Setelah 2019, dan seterusnya beban APBN bertambah karena masuknya 440 ribu honorer K2. Bima meragukan kemampuan APBN untuk membiayai seluruh PNS yang saat ini belanja aparatur sudah menyentuh Rp 300 triliun lebih.

"Pendapatan negara saat ini sedang seret. Kalau dipaksakan akan membahayakan negara juga," ucapnya.

‎Diakui Bima Haria, pemerintah cukup sulit mengambil kebijakan penanganan K2 ini. Mengingat pendapatan negara tidak stabil. Di sisi lain, ada kebijakan politis antara pemerintah dan DPR yang harus dilaksanakan. (esy/jpnn)


JAKARTA-Pengangkatan honorer kategori dua (K2) menjadi CPNS akan berimbas pada membengkaknya anggaran negara di 2019. Diperkirakan dana yang tersedot


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News