PP GPII: Islam Yes, NKRI Yes!

PP GPII: Islam Yes, NKRI Yes!
gpii/ rmol jabar

jpnn.com - BANDUNG - Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Islam Indonesia (PP GPII) merayakan milad ke-70 tahun dan musyawarah kerja nasional (mukernas) di wisma PHI Cempaka Putih, Jakarta Selatan, Jumat malam (2/10). Acara tersebut mengusung tema "Islam Yes, NKRI Yes" sebagai manifesto politik GPII sebagai wujud keislaman dan keindonesian yang final.

Ketua Umum PP GPII Karman BM dalam pidato politiknya mengatakan, pilihan tema ini berpijak pada sejarah awal kelahiran GPII. Menurutnya, GPII berdiri atas perjuangan para pemuda yang disatukan oleh semangat keislaman dan kecintaan terhadap tanah air.

"Secara historical coast, sejarah kemunculan GPII tidak lepas dari dua nilai-nilai ini, yaitu Islam dan NKRI. GPII lahir dari rahim perjuangan revolusi kemerdekaan dengan tujuan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan memperjuangkan Islam sebagai nilai kehidupan kebangsaan dan kenegaraan kita," ujarnya pada RMOL Jabar.

Karman menambahkan, Islam dan NKRI merupakan dua unsur yang tidak dapat dipisahkan.

"Reaktualisasi konsep perjuangan pemuda Islam dan rekomitmen kami mejawantahkan dalam tema resepsi Milad ke 70 tahun GPII dengan istilah kembali ke khittah 45 yakni Islam Yes, NKRI Yes. Islam dan NKRI ibarat badan dan nyawa, kira-kira begitulah cita-cita para pendiri GPII," imbuh Karman.

Karman menegaskan, dengan tata nilai islam sebagai dasar perjuangan, maka terbangun dalam semangat rakyat Indonesia untuk saling bahu membahu merebut kemerdekaan. Di satu sisi, NKRI dipercaya sebagai wadah hidup dan tumbuhnya nilai-nilai Islam sebagai penopang peradaban bangsa.

"Islam dan NKRI merupakan kesatuan yang perlu kita afirmasi. Sejenak ketika kita merenungkan kembali sejarah bangsa ini, tapi Islam seringkali dicurigai dan dianggap sebagai anti nasionalisme," paparnya.

Di sisi lain GPII sadar bahwa situasi nasional yang sulit di tandai dengan ekonomi lesu, PHK dimana mana-mana, penegak hukum mandul, eksekutif gaduh, legislatif ribut sendiri, kemana republik di bawa.

BANDUNG - Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Islam Indonesia (PP GPII) merayakan milad ke-70 tahun dan musyawarah kerja nasional (mukernas) di wisma PHI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News