Iran Berhasil Pulangkan Jenazah Jamaah yang Tewas, gimana Indonesia?

Iran Berhasil Pulangkan Jenazah Jamaah yang Tewas, gimana Indonesia?
‎Ketua Komisi VIII DPR Saleh Partaonan Daulay. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - ‎Ketua Komisi VIII DPR Saleh Partaonan Daulay menilai, para korban tragedi Mina perlu mendapat penghormatan yang layak.

Salah satu di antaranya, membawa jenazah mereka kembali ke tanah air. Dengan demikian, keluarga yang dicintai bisa ikut melaksanakan prosesi pemakaman dan menentukan tempat di mana harus dimakamkan.

"Memang tidak mudah. Tapi kalau memang keluarganya sangat menginginkan, tentu harus difasilitasi. Tidak semua orang berpikiran bahwa orang yang meninggal di Saudi pasti berkeinginan untuk dimakamkan di sana," ujar Daulay, Minggu (4/10).

Menurut Daulay, sejauh ini pemerintah Iran sudah berhasil memulangkan para korban Mina ke tanah air mereka. Sabtu (3/10), dikabarkan sebanyak 104 jenazah jamaah haji Iran telah tiba di Tehran. Sementara, 360 jenazah lainnya akan menyusul setelah proses identifikasi berhasil dilakukan.

"Kalau Iran bisa, Indonesia pun tentu bisa. Apalagi, jemaah haji Indonesia termasuk paling banyak menjadi korban dalam tragedi Mina. Konon, Jenazah jamaah Iran berhasil dipulangkan  setelah menteri kesehatan Hassan Qazizadeh-Hashemi mengadakan pertemuan dengan otoritas Saudi," ujarnya.

Sejalan dengan itu, semestinya Amirul Hajj Indonesia dan para anggotanya, kata Daulay bisa memprakarsai pembicaraan pemulangan jenazah dengan otoritas Saudi. Namun sebelum itu, pemerintah tentu perlu menghubungi keluarga masing-masing korban terlebih dahulu. Dari situ baru nanti kelihatan berapa keluarga yang menginginkan agar korban dimakamkan di Indonesia.

"Saya kira ini juga bagian dari perlindungan terhadap warga negara yang diamanatkan konstitusi. Dan itu juga secara eksplisit disebut di dalam UU No. 13 tahun 2008 bahwa negara wajib melakukan pelayanan, pembinaan, dan perlindungan bagi para jamaah haji Indonesia," ujar anggota Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) ini.(gir/jpnn)

 


JAKARTA - ‎Ketua Komisi VIII DPR Saleh Partaonan Daulay menilai, para korban tragedi Mina perlu mendapat penghormatan yang layak. Salah satu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News