TNI Cekatan Mereformasi Diri, Kecuali yang Satu Ini

TNI Cekatan Mereformasi Diri, Kecuali yang Satu Ini
TNI Cekatan Mereformasi Diri, Kecuali yang Satu Ini

jpnn.com - JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia (TNI) hari ini (5/10) genap menginjak usia ke-70. Seiring perkembangan dan tuntutan zaman, TNI pun terus mereformasi diri.

Menurut mantan Sekretaris Militer Kepresidenan, TB Hasanuddin, mencapai usia ke-70 bukanlah masa yang pendek bagi TNI. “Dan TNI pun telah mengalami pasang surut dalam menjaga jati dirinya,” katanya di Jakarta, Minggu (4/10).

Anggota Komisi I DPR yang membidangi pertahanan itu menambahkan, TNI di masa revolusi kemerdekaan benar-benar terlahir dari rakyat dan untuk rakyat. Namun, TNI di era Orde Baru justru menjelma menjadi kekuatan politik.

Tapi kini, TNI pasca-reformasi mau tak mau harus ikut menyesuaikan tantangan zaman. “Ketika reformasi bergulir, TNI dengan cepat mereformasi dirinya bahkan mungkin TNI adalah lembaga yang paling reformis saat ini,” katanya.

Pensiunan tentara dengan pangkat terakhir mayor jenderal itu menambahkan, sesuai Undang-Undang Nomor 34 Tahun 20014 tentang TNI, maka korps angkatan bersenjata tersebut telah menempatkan jati dirinya sebagai tentara nasional, tentara rakyat, tentara pejuang dan tentara profesional yang tidak berbisnis. Bahkan TNI merelakan bisnis-bisnisnya diambil alih.

“Tentunya itu kita perlu apresiasi juga. Sekarang ini TNI juga terbuka terhadap kritik publik,” lanjutnya.

TNI Cekatan Mereformasi Diri, Kecuali yang Satu Ini

Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin. Foto: dokumen JPNN.Com

JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia (TNI) hari ini (5/10) genap menginjak usia ke-70. Seiring perkembangan dan tuntutan zaman, TNI pun terus mereformasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News