Tanggal-tanggal Penting dalam Sejarah Terbentuknya TNI

Tanggal-tanggal Penting dalam Sejarah Terbentuknya TNI
Bung Karno didampingi Jenderal Soedirman ditengah pasukan TKR. Foto: Istimewa.

jpnn.com - 22 Agustus 1945

Sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) memutuskan pembentukan Komite Nasional Indonesia (KNI), Partai Nasional Indonesia (PNI) dan Badan Keamanan Rakyat (BKR).

KNI berfungsi semacam Dewan Perwakilan Rakyat. Sedangkan PNI sebagai satu-satunya partai politik di Indonesia. Hanya saja, melalui maklumat 31 Agustus 1945, pembentukan partai tunggal ini ditunda, dan segala perhatian dicurahkan ke KNI. Gagasan partai tunggal pun sama sekali menguap.

23 Agustus 1945

BKR dideklarasikan Presiden Soekarno. Dibentuk untuk memelihara keamanan. Kabarnya, nama ini sengaja dipilih agar tidak menimbulkan kesan bahwa Indonesia sedang menyiapkan perang. 

Di penghujung September 1945 pasukan pertama Sekutu sebagai pemenang perang dunia II mendarat di Tanjung Priok, Jakarta. Belanda susul-menyusul ikut di boncengan. Desas-desusnya mereka ingin kembali menguasai negeri ini.    

5 Oktober 1945

Rombongan Sekutu datang lagi. Dalam rombongan ini turut serta Dr. H.J. van Mook dan panglima angkatan perang Hindia Belanda dalam komando Sekutu di Timur Jauh, Admiral C.E.L Helfrich beserta pasukannya.

22 Agustus 1945 Sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) memutuskan pembentukan Komite Nasional Indonesia (KNI), Partai Nasional Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News